detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 13:29 WIB

Jelang Idul Adha, Ratusan Tenaga Medis Diterjunkan Kontrol Kesehatan Hewan

Hilda Meilisa - detikNews
Jelang Idul Adha, Ratusan Tenaga Medis Diterjunkan Kontrol Kesehatan Hewan Kepala Disnak Jatim Wemmy Niamawati/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Timur mengantisipasi dan meminimalisir hewan yang sakit. Salah satunya melalui imbauan pemilik hewan untuk memiliki sertifikat veteriner.

Kepala Disnak Jatim Wemmy Niamawati mengatakan untuk memastikan kesehatan hewan, pihaknya menyiagakan 970 tenaga kesehatan. Tenaga pengawas ini ditugaskan untuk mengecek seluruh hewan kurban yang ada di Jatim.

"Mereka sudah kami latih, lewat sistem informasi kesehatan hewan nasional, ada 970 tenaga kesehatan hewan yang kami latih. Sehingga ketika ada penyakit hewan ketahuan," ujar Wemmy saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (16/7/2019).

Tak hanya itu, Wemmy menyebut akan dilakukan pemeriksaan intensif selama satu bulan sebelum Idul Adha.Pada pemeriksaan ini, petugas akan mendatangi pasar hewan hingga lapak pinggir jalan.


"Kami juga buat surat edaran supaya lakukan pemeriksaan secara mandiri. Kepada ternak sehat, kami beri sertifikat veteriner," imbuh Wemmy.

Sementara saat ditanya terkait temuan antraks, Wemmy mengatakan hingga kini belum ada hewan ternak di Jatim yang terjangkit. Namun, Disnak Jatim tetap waspada dengan memberikan pelatihan kepada peternak.

"Kami ajari untuk kendalikan penyakit, itu namanya analisa resiko. Kemudian ada pemeriksaan di pos kesehatan hewan," pungkas Wemmy.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com