detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 10:26 WIB

Gempa M 6 Nusa Dua Bali Terasa 5 Detik di Lumajang

Nur Hadi Wicaksono - detikNews
Gempa M 6 Nusa Dua Bali Terasa 5 Detik di Lumajang Suasana di sebuah desa di Lumajang usai gempa/Foto: Nur Hadi Wicaksono
Lumajang - Gempa di Nusa Dua Bali yang berkekuatan magnitudo 6 terasa hingga Lumajang. Namun di Kabupaten berjuluk Kota Pisang, gempa hanya terasa sekitar 5 detik saja.

"Saya lagi duduk di rumah bersama anak saya yang masih balita. Kemudian merasakan gempa sekitar 5 detik. Saya kemudian keluar rumah," ujar warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang, Rahman (38) kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).

Getaran juga dirasakan Heni (21), warga Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun. Ia langsung keluar rumah begitu merasakan gempa.


"Saya pas lagi memasak di dapur tiba-tiba merasakan ada gempa sekitar 4-5 detik. Saya pun akhirnya keluar rumah," kata Heni.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi membenarkan gempa Nusa Dua Bali terasa sampai Lumajang. Meski begitu, BPBD belum mendapatkan laporan kerusakan akibat gempa.


"Memang betul gempa dirasakan hingga Kabupaten Lumajang. Namun hingga kini masih belum ada laporan kerusakan di Kabupaten Lumajang akibat gempa yang terjadi di Nusa Dua " ujar Wawan.

Gempa terjadi sekitar pukul 07.18 WIB. Pusat gempa berada di 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur. Atau sekitar 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km.


Simak Video "Dampak Gempa M 6 di Bali, Genting SD dan Kantor Camat Rontok"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kerusakan di Banyuwangi Akibat Gempa M 6 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com