detikNews
Senin 15 Juli 2019, 12:10 WIB

Hari Pertama Sekolah, Guru SD di Jember Berkostum ala Tokoh Kartun

Yakub Mulyono - detikNews
Hari Pertama Sekolah, Guru SD di Jember Berkostum ala Tokoh Kartun Hari Pertama Masuk Sekolah di Jjember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Belasan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AT Taqwa Dusun Tutul, Desa Tegal Sari, Kecamatan Ambulu, berkostum unik saat menyambut siswa baru hari pertama masuk sekolah. Para guru ini mengenakan kostum ala peri dan ratu seperti tokoh sejumlah film anak.

"Ada ibu peri, raja dan ratu, juga bidadari. Mirip dunia fantasi dan tokoh kartun begitu," kata Kepala SDIT At Taqwa Samsul Hadi Wijaya saat dikonfirmasi, Senin (15/7/2019).

Kegiatan yang unik itu dilakukan, bertujuan agar para siswa baru khususnya bagi kelas 1 SD, punya keberanian dan rasa percaya diri yang kuat saat pertama kali sekolah.


"Memang kegiatan ini selalu kami lakukan tiap tahun ajaran baru, agar para siswa baru lebih percaya diri dan tidak takut saar pertama kali masuk sekolah. Khususnya juga siswa kelas 1," ujar Samsul.

Menurut Samsul, kegiatan yang dilakukan terbukti mengurangi siswa baru yang biasanya menangis saat pertama kali sekolah. "Apalagi siswa kelas 1 itu kan baru pertama kali sekolah, sebelumnya dari TK. Jadi biasanya menangis. Alhamdulillah yang kami lakukan ini mendapat apresiasi positif dari wali murid juga, jadi tidak takut dan menangis. Malah senang dan semangat sekolah," ungkapnya.

Kegiatan serupa dilakukan tiap tahunnya. "Sejak sekolah kami berdiri 2006, kegiatan ini kami lakukan dengan tema berbeda-beda. Pernah dulu temanya profesi, kemudian tokoh pewayangan, juga pakaian adat daerah. Untuk tahun ini temanya fantasi," katanya.

Simak Video "Orang Tua Rela Ikut Upacara di Hari Pertama Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com