detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 09:00 WIB

Ribuan Penari Barong Hibur Masyarakat Kediri

Andhika Dwi - detikNews
Ribuan Penari Barong Hibur Masyarakat Kediri Tari barong di Kediri/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Tari kolosal dengan 4.000 penari barong sukses menyedot antusias warga Kediri. Acara ini menutup rangkaian pekan budaya Kabupaten Kediri. Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri berlangsung 7 Juli.

Ribuan warga memadati area monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Minggu (14/7/2019). Acara ini pun semakin meriah karena melibatkan kurang lebih 4.000 penari barong yang tersebar luas dari penjuru daerah.

Beberapa daerah yang ikut tampil di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Lampung, Ponorogo hingga Madiun.


"Pagelaran tari kolosal seribu barong ini dalam rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Yang hadir ada seluruh pulau kecuali Papua. Ada perwakilan dari Medan, Bontang, Jawa hampir seluruhnya," kata Wakil Bupati Kediri Masykuri di sela acara di area SLG Kabupaten Kediri.

Penari barong dan pejabat di Kediri/Penari barong dan pejabat di Kediri/ Foto: Andhika Dwi

Pihaknya sangat senang dengan acara ini, terlebih lagi banyak daerah lain yang ikut serta. Dengan kehadiran delegasi dari daerah lain salah satu penyemangat, memberikan motivasi bagi Kabupaten Kediri sebagai Bumi Panji.

"Ini dalam rangka 'nguri-uguri' (melestarikan). Kediri sebagai pusat cerita Panji, di mana cerita Panji sudah menjadi 'memory of the world' diakui dunia. Unesco menetapkan cerita Panji menjadi warisan budaya," kata dia.

Wabup menjelaskan tari barong merupakan salah satu sempalan dari cerita Panji. Dan diharapkan mampu mempromosikan potensi lokal kediri sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed