detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 16:15 WIB

Kekeringan Landa Lima Desa di Tuban, Polisi Distribusi Air Bersih

Ainur Rofiq - detikNews
Kekeringan Landa Lima Desa di Tuban, Polisi Distribusi Air Bersih Polisi bantu distribusi air bersih/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Lima desa di Tuban mendapat distribusi air bersih. Lima desa itu yakni, Desa Jadi, Randu Bancar, Sambongrejo. Dukuh Gempol Desa Genaharjo dan Dusun Gowah Desa Jadi Kecamatan Semanding, Tuban.

Selama ini warga yang kekurangan air minta ke tetangga yang sumurnya masih mengalir. Sumur dan penampungan air milik mereka telah mengering. Ada pula yang terpaksa menggunakan air sungai untuk kebutuhan MCK. Prihatin dengan kondisi itu, polisi bergerak membantu menyuplai air bersih menggunakan truk tangki.

Ratusan jerigen dan timba air berjajar menunggu giliran diisi air beraih oleh polisi. Bahkan ada warga yang tak kuat mengangkat jerigen maupun timba air, petugas sigap membantu memikulnya.

Kali ini, air bersih secara gratis diberikan ke warga Dukuh Randu Banjar Desa Sambongrejo. Kecamatan Semanding.

Salah seorang warga yang mengantre pembagian air bersih, Wajinah (58) mengaku sangat terbantu dengan penyaluran air bersih yang dilakukan oleh polisi Polres Tuban.


"Lebih dari sebulan terakhir kami sangat kesulitan air. Penampungan air telah kering. Dengan adanya pemberian bantuan air bersih ini jelas warga merasa sangat terbantu," kata Wajinah di lokasi

Sementara Kades Sambongrejo, Sulasim mengapresiasi pembagian bantuan air bersih kepada warga. Dia berharap air bersih ini bisa membantu warganya saat membutuhkan.

"Warga jadi merasa terbantu dengan adanya bantuan air ini. Warga juga berharap suplai air ini bisa rutin," tambah Kades Sulasim.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menuturkan kegiatan baksos pemberian bantuan air bersih ini memperingati HUT ke-73 Bhayangkara.

"Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan kita, apalagi ini juga bertepatan HUT Bhayangkara ke-73. Semoga apa yang kami berikan dapat membantu meringankan beban warga," terang kapolres.

Bagi daerah lain yang membutuhkan air bersih, polres juga akan terus mengirim menggunakan truk tangki di wilayah yang kekeringan dan sulit air bersih.

Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed