detikNews
Senin 08 Juli 2019, 11:37 WIB

1 bulan, Mobil Modifikasi Pengangkut BBM Penyebab 3 Kebakaran Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
1 bulan, Mobil Modifikasi Pengangkut BBM Penyebab 3 Kebakaran Ponorogo Pengangkut BBM hasil modifikasi yang terbakar/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Ada tiga kebakaran di Ponorogo yang disebabkan mobil pengangkut BBM hasil dimodifikasi. Kini Polres Ponorogo bakal melakukan razia kendaraan yang dicurigai dimodifikasi.

"Iya, kami bakal melakukan razia. Ini sudah kali ketiga kebakaran dalam sebulan ini," tutur Kapolres Ponorogo AKBP Radiant saat dihubungi detikcom, Senin (8/7/2019).

Radiant menjelaskan, pihaknya bakal menindak tegas para pemilik mobil yang dengan sengaja memodifikasi mobilnya untuk mengangkut BBM.


"Itu kan melanggar aturan lalu lintas, ini (kebakaran) kan salah satu akibatnya juga karena mobilnya sudah tidak sesuai spesifikasi. Harus ditindak tegas," terangnya.

Selain itu, lanjut Radiant, pihaknya pun mengimbau kepada pemilik SPBU agar tidak melayani pembelian BBM dengan jumlah besar. Pun juga dengan masyarakat harus waspada terhadap kebakaran.

"Harus hati-hati dan waspada jangan sampai terulang kembali kejadian kebakaran. Selain merugikan diri sendiri kan juga bisa merugikan orang lain," tambahnya.

Seperti data yang dirangkum detikcom, ada tiga kejadian kebakaran di Ponorogo yang melibatkan mobil modifikasi. Dalam mobil tersebut biasanya terdapat penampung bbm.


Pertama, sebuah mobil terbakar di Jalan Raya Ponorogo-Pacitan, Desa Madusari, Kecamatan Siman, Sabtu (22/6). Mobil Toyota Avanza bernopol AE 1396 SU kedapatan membawa muatan BBM jenis premium

Di hari yang sama, kebakaran hebat terjadi di SPBU Sinduro di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo. Diduga penyebabnya berasal dari mobil yang tengah mengisi BBM.

Ketiga, sebuah SPBU mini yang berada di Jalan Sultan Agung, Ponorogo terbakar pada Senin (8/7/2019). Pemilik SPBU tengah mengisi drum BBM yang dibawa mobil Daihatsu zebra dengan nopol AE 320 SD yang telah dimodifikasi.

Simak Video "Kawasan Hutan TWA Kawah Ijen Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com