Round-Up

Senyum Semringah Wali Kota Risma di Atas Kursi Roda

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Kamis, 04 Jul 2019 08:43 WIB
Foto file: Amir Baihaqi
Surabaya - Senyum semringah terlihat saat Wali Kota Risma keluar dari RS Graha Amerta RSU dr Soetomo Surabaya. Dengan memakai kursi roda, Risma keluar dari ruang perawatan. banyak mengumbar senyum dan melambaikan tangan ke warga yang telah menunggunya sejak pagi.

Setelah menyapa warga dan wartawan, Risma langsung masuk ke mobil dinasnya sedan Toyota Camry L-1164-BS. Dari rumah sakit, Risma direncanakan langsung menuju ke rumah dinasnya di Jalan Sedap Malam.

Dari dalam mobil, Risma membuka kaca mobil dan sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada warga dan wartawan. Seakan belum cukup mengucapkan terima kasih, dari dalam mobil, Risma kembali membuka kaca mobil dan mengucapkan terima kasih atas doa kesembuhannya.

"Terima kasih banyak semuanya. Insya Allah aku sudah sembuh. Banyak yang berdoa dari warga Surabaya dan banyak teman dari seluruh Indonesia yang berdoa. Terima kasih ya," kata Risma dari balik kaca mobil dinasnya saat meninggalkan rumah sakit, Rabu (3/7/2019).

Risma yang memakai kerudung berwarna biru dan memakai kemeja biru garis-garis. Turun dari mobil dinas Risma dibantu oleh ajudan dan menggunakan kursi roda.


Saat ditanya terkait kondisi kesehatan dirinya, Risma membalas pertanyaan sembari tersenyum.

Wali Kota Risma di dalam mobil/Wali Kota Risma di dalam mobil/ Foto: Amir Baihaqi

"Alhamdulillah tidak ada yang beda, seperti dulu. Cuman ini kaki harus latihan jalan, karena seminggu nggak dipakai," kata wali kota dua periode itu sembari tertawa.

Risma juga mengaku untuk proses recovery dia memilih tinggal di rumah dinas.

"Ya sementara di sini (rumah dinas) nanti dokter rutin ke sini ya," lanjut Risma.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Febria Rachmanita mengatakan, Wali Kota Risma menjalani rawat jalan mulai Rabu (10/7) mendatang atau seminggu sekali.


Menurut Fenny, selama rawat jalan wali kota perempuan pertama itu diimbau menjaga kesehatan dan cukup istirahat. Selain itu Risma dianjurkan tidak bekerja terlalu keras. Imbauan itu merupakan pesan dari tim dokter.

"Harus istirahat dulu, jangan bekerja terlalu keras," tutur perempuan yang juga Plt Dirut RSUD dr Soewandhi itu.

Fenny menjelaskan dari hasil pemeriksaan akhir sebelum meninggalkan rumah sakit, kondisi Risma sangat bagus. Sedangkan untuk makanan, Fenny mengaku tidak ada pantangan makanan apapun.

"Bebas (tidak ada pantangan makan)," tandas Fenny.

Risma dirujuk ke ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo setelah menjalani perawatan di RSUD dr Soewandhi. Risma didiagnosis mengalami sakit maag dan asma akut. Tim dokter terpaksa memberikan alat bantu pernapasan atau respirator dan makan melalui sonde atau selang yang dimasukkan ke hidung hingga lambung.


Presiden Jokowi menjenguk Wali Kota Risma yang tengah dirawat di RSU dr Soetomo, Sabtu (29/6) malam. Selain didampingi Ibu Iriana, tampak pula Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Sejumlah menteri, Wagub Jatim, dan Gubernur Khofifah menjenguknya di ruang rawat inap lantai 6 Graha Amerta RSU dr Soetomo.


Risma Keluar dari Rumah Sakit: Alhamdulillah

Simak Video "Pusat Kota Surabaya Disemprot Disinfektan Pakai Drone"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/iwd)