RSUD Trenggalek Rawat Pasien Hepatitis dari RS di Pacitan

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 17:59 WIB
Foto file: Adhar Muttaqin
Trenggalek - RSUD dr Soedomo Trenggalek hingga kini masih merawat empat pasien dengan diagnosa hepatitis. Dari jumlah itu satu di antaranya merupakan pasien dari Pacitan.

Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek, Sujiono, mengatakan keempat pasien masing-masing berasal dari Sudimoro Pacitan, Desa Sumberingin Kecamatan Karangan, Desa Ngetal Kecamatan Pogalan serta dari Kecamatan Pule.

"Untuk yang paling baru dari Sudimoro Pacitan, yang bersangkutan kami rawat di ruang Sadewa. Alhamdulillah sudah mulai ada perkembangan yang bagus," kata Sujiono.

Pasien asal Pacitan tersebut merupakan salah satu korban wabah Hepatitis, sebab beberapa anggota keluarganya juga ikut terkena penyakit yang sama dalam waktu yang hampir bersamaan.


"Pasien ini sebelumnya sempat dirawat di Klinik Romo Wijoyo Gandusari Trenggalek, kemudian dibawa pulang ke Pacitan. Namun beberapa hari kemudian kembali kambuh, sehingga dibawa ke RSUD," ujarnya.

Meski berasal dari daerah KLB Hepatitis, pihak rumah sakit tidak memberlakukan penanganan khusus, namun tim medis melakukan standar operasional prosedur (SOP) dalam penanganan Hepatitis.

Sujiono menjelaskan, dari data register rawat inap RSUD dr Soedomo Trenggalek, selama bukan Juni 2019 terdapat 31 pasien dengan diagnosa Hepatitis, sehingga selama satu semester pihaknya merawat 334 pasien Hepatitis dari berbagai jenis.

"Kalau dari data kami, pada tahun 2019 ini memang terjadi peningkatan yang signifikan, padahal sebelumnya hanya sekitar 200 pasien/tahun, sedangkan sekarang baru berjalan satu semester sudah ada 334 pasien. Ini tentu menjadi warning dari dinas terkait," imbuhnya.


Terkait perkembangan pasien Hepatitis pihaknya telah menyampaikan langsung ke Dinas Kesehatan Trenggalek untuk ditindaklanjuti melakui program penanggulangan serta pemutusan mata rantai penularan.

"Tadi Pak Jarot (Dinkes) sudah ke sini dan sudah kami berikan data selama satu semester lengkap dengan alamatnya. Ini penting untuk dilakukan penelusuran," jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinkesdalduk KB Trenggalek Sutikno Slamet mengatakan dari hasil pendataan di seluruh puskesmas, selama satu semester terakhir merawat 156 pasien Hepatitis.

"Yang masih dirawat di puskesmas ada enam orang, yakni Pule tiga orang, Panggul satu orang, Bodag satu orang dan Puskesmas Dongko satu orang," kata Sutikno.

Dengan data tersebut, selama satu semester jumlah penderita yang Hepatitis yang dirawat di puskesmas dan rumah sakit mencapai 490 orang.




Simak Juga 'Kemenkes Terjunkan Tim Tangani Wabah Hepatitis A di Pacitan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Sanca 3 Meter Tergaruk Ekskavator saat Petugas Bebersih Sungai di Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)