Pesan Dokter untuk Risma, Jangan Kerja Terlalu Keras dan Istirahat

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 17:33 WIB
Risma diperbolehkan pulang/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Meski sudah diperbolehkan pulang dari RS Graha Amerta RSU dr Soetomo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini harus menjalani rawat jalan. Risma harus menjalani rawat jalan dalam seminggu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Febria Rachmanita mengatakan, Wali Kota Risma menjalani rawat jalan mulai Rabu (10/7) mendatang atau seminggu sekali.

"Satu minggu lagi. Kontrolnya kita lihat minggu depan. Kalau memang sudah stabil, ya biasanya berkurang menjadi satu bulan. Tapi kita lihat hari Rabu besok," kata kadinkes yang akrab dipanggi Fenny kepada wartawan di Pemkot Surabaya, Rabu (3/7/2019).


Menurut Fenny, selama rawat jalan wali kota perempuan pertama itu diimbau menjaga kesehatan dan cukup istirahat. Selain itu Risma dianjurkan tidak bekerja terlalu keras. Imbauan itu merupakan pesan dari tim dokter.

"Harus istirahat dulu, jangan bekerja terlalu keras," tutur perempuan yang juga Plt Dirut RSUD dr Soewandhi itu.

Dikatakan Fenny, dari hasil pemeriksaan akhir sebelum meninggalkan rumah sakit, kondisi Risma sangat bagus. Sedangkan untuk makanan, Fenny mengaku tidak ada pantangan makanan apapun.


"Bebas (tidak ada pantangan makan)," tandas Fenny.

Sebelumnya Wali Kota Risma dirujuk ke ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo setelah menjalani perawatan di RSUD dr Soewandhi. Risma didiagnosa mengalami maag dan asma akut. Tim dokter terpaksa memberikan alat bantu pernafasan dan makan melalui sonde atau selang yang dimasukkan ke hidung hingga lambung.

Presiden Jokowi sempat menjenguk Risma yang tengah dirawat di RSU dr Soetomo, Sabtu (29/6) malam. Selain didampingi Ibu Iriana, tampak pula Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Soetomo. Wapres JK dan sejumlah menteri, wagub Jatim serta Gubernur Khofifah menjenguknya di ruang rawat inap lantai 6 Graha Amerta RSU dr Soetomo.



Simak Juga 'Risma Keluar dari Rumah Sakit: Alhamdulillah':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pusat Kota Surabaya Disemprot Disinfektan Pakai Drone"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)