detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:52 WIB

Roy Boomerang Diwacanakan Nyalon Wali Kota Surabaya, Ini Kata Pengamat

Hilda Meilisa - detikNews
Roy Boomerang Diwacanakan Nyalon Wali Kota Surabaya, Ini Kata Pengamat Mantan vokalis Boomerang Roy Jeconiah/Foto: Istimewa
Surabaya - Bursa calon Wali Kota Surabaya semakin menarik untuk disimak. Kali ini, mantan vokalis band rock legendaris Boomerang, Roy Jeconiah digadang turut menjadi Cawali Kota Surabaya.

Dukungan pada Roy ini digaungkan Komunitas Musisi dan Seniman Surabaya. Salah satu pengamat asal Universitas Airlangga Surabaya, Novri Susan mengatakan ini merupakan penanda jika ada kepentingan musisi dan seniman yang belum terfasilitasi oleh Pemkot.

"Usulan dari komunitas seniman dan musisi tentang figur calon wali kota yang berasal dari kalangan mereka bisa menjadi penanda bahwa ada kepentingan yang selama ini belum terfasilitasi dan terbedayakan," kata Novri kepada detikcom di Surabaya, Rabu (3/7/2019).


Tak hanya itu, Novri menyebut pencalonan Roy ini wajar saja dilakukan. Pasalnya Roy merupakan warga negara yang memiliki hak untuk dicalonkan atau mencalonkan diri.

"Mantan vokalis band Boomerang memiliki hak yang sama dengan figur lain, untuk mencalonkan dan dicalonkan sebagai kandidat wali kota. Itu hal wajar saja," imbuhnya.

Kendati demikian, Novri mengakui untuk menjadi wali kota, memang ada beberapa kapasitas dan pengalaman kepemimpinan yang harus terpenuhi.


"Walaupun, secara ideal demokrasi kualifikasi pemimpin politik dimulai dari kapasitas kepemimpinan yang terkait dengan pengorganisasian kekuasaan. Kapasitas tersebut dibentuk dari pengalaman dan keilmuan di bidang ini," ucapnya.

"Apakah Roy memiliki syarat utama tersebut? Pertanyaan ini tentu bisa dijawab berdasar track record dia selama ini. Pengelolaan kekuasaan di Kota Surabaya memiliki kompleksitas yang harus diurai oleh kapasitas kepemimpinan politik yang kuat," pungkas Novri.

Simak Video "WhatsApp Akan Punya Boomerang, Memoji dan Dark Mode"
[Gambas:Video 20detik]

(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com