detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 07:45 WIB

Musim Kemarau Bergulir, Petani Garam Mulai Berproduksi

Suparno - detikNews
Musim Kemarau Bergulir, Petani Garam Mulai Berproduksi Petani garam di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Musim kemarau sudah bergulir dan petani garam di Sidoarjo mulai membuat garam. Mereka berharap cuaca dan harga garam stabil hingga panen usai.

Meski kemarau sudah berlangsung sejak awal Juni, para petani di Kecamatan Sedati, Sidoarjo baru mau mulai membuat garam. Mereka khawatir ada perubahan cuaca yang tidak menentu.

Salah satu petani garam Hassim (43) sudah mempersiapkan lahan garam sejak awal Mei lalu. Namun karena beberapa faktor, warga Gisik Cemandi Kecamatan Sedati itu menunda pembuatan garam. Seperti faktor cuaca dan kualitas air yang kurang bagus.


"Mulai minggu-minggu kemarin baru menyiapkan lahan, rencana dua hari lagi meletakkan terpal sebagai landasan untuk proses pembuatan garam," kata Hassim kepada detikcom di tambak garam Desa Gisik Cemandi, Senin (1/6/2019).

Tahun ini, Hassim bersama istri dan keponakannya akan mengerjakan 15 petak lahan garam. Setiap petak berukuran 50x18 meter.

"Setelah lahan siap, kemudian dimasukkan air yang berkualitas bagus. Dalam waktu 10 hingga 14 hari sudah panen garam sekitar 7,5 ton garam," tambah pria asal Sumenep itu.


Berbeda dengan Hassim yang berharap cuaca stabil, petani lainnya Syaifuddin (48) berharap harga garam tidak anjlok saat panen. Ia ingin harga garam semakin baik sehingga menguntungkan petani.

"Petani garam ini bingung Mas, saat musim panen garam melimpah biasanya harga garam anjlok. Kami sebagai petani berharap garam harganya terus membaik, dan stabil," pungkas Syaifuddin.

Jika cuaca stabil, biasanya mereka bisa panen sebanyak tiga kali selama musim kemarau. Di desa tersebut ada beberapa petani yang sudah panen, namun secara kualitas dan kuantitas kurang memuaskan.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com