detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 18:11 WIB

Tes PIT Alun-alun Suroboyo Rampung 2 Hari, Jalan Yos Sudarso Besok Normal

Amir Baihaqi - detikNews
Tes PIT Alun-alun Suroboyo Rampung 2 Hari, Jalan Yos Sudarso Besok Normal Tes PIT basemen alun-alun Suroboyo (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Tes pile integrity test (PIT) basemen alun-alun Suroboyo ternyata rampung lebih cepat. Dari perkiraan 4 hari, ternyata tes PIT hanya berlangsung 2 hari.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) telah menemukan jaringan utilitas (jaringan pipa) dari tes PIT di jalur sisi timur.

"Iya ada (utilitas) di sisi timur. Kita temukan milik PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan PGN (Perusahaan Gas Nasional)," kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DKPCKTR Iman Krestian saat dihubungi detikcom, Selasa (2/6/2019).

Menurut Iman, usai menemukan utilitas pihaknya bersama PDAM dan PGN langsung melakukan inspeksi ke lokasi. Sedangkan untuk galiannya, saat ini sedang dilakukan pengurukan dan normalisasi.


"Saat ini galian sudah selesai dan sudah diinspeksi PDAM dan PGN. Ini sedang proses pengurukan dan normalisasi lagi," terang Iman.

"Kita upayakan malam ini jalan sudah normal kembali," tambahnya.

Lalu bagaimana rencana pengalihan lalu lintas selama 4 hari? Iman menjelaskan, karena sudah menemukan utilitas di sisi timur dan tidak ditemui kendala, maka PIT hanya berlangsung 2 hari saja. Bukan 4 hari seperti yang diinformasikan sebelumnya.

"Iya cuma 2 hari," pungkas Iman.

Artinya, pihak DKPCKTR mulai besok tidak akan mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso baik di jalur sisi barat maupun sisi timur. Sebab selama PIT pada sisi barat tidak ditemukan utilitas sehingga penggalian langsung dipercepat sehari.


Penggalian kemudian langsung dialihkan ke sisi timur dan ditemukan jaringan utilitas. Namun selama penggalian dan ditemukan pipa tidak ditemui kendala berarti sehingga PIT bisa dipercepat 2 hari saja.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya mengakui pengerjaan penggalian pile integrity test (PIT) proyek Alun-alun tidak sesuai jadwal. Untuk itu pemkot akan memberikan jadwal ulang mengenai penutupan Jalan Yos Sudarso setelah diketahui hasil PIT pada sisi timur.

Simak Video "Ada Pembangunan Alun-alun, Jalan Yos Sudarso Surabaya Ditutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com