detikNews
Senin 01 Juli 2019, 14:23 WIB

Polisi: Unjuk Rasa Aliansi Mahasiswa Papua Tak Kantongi Izin

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Polisi: Unjuk Rasa Aliansi Mahasiswa Papua Tak Kantongi Izin Mahasiswa Papua di depan asrama (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Polisi melakukan penghadangan terhadap mahasiswa Papua yang hendak melakukan unjuk rasa. Sebab aksi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat West Papua itu tidak mengantongi izin.

"Tadi itu ada mahasiswa Papua yang akan melaksanakan demontrasi atau unjuk rasa. Dari hasil pengecekan kita sampai hari ini, tidak ada rekomendasi yang kita keluarkan terkait unjuk rasa," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho saat dikonfirmasi detikcom, Senin (1/7/2019).

Sandi mengatakan ada enam orang mahasiswa yang sempat diamankan dan dilepaskan kembali. Peristiwa itu berawal saat polisi memonitor lokasi dan mengimbau agar tidak melakukan kegiatan. Namun masih tetap saja dilakukan dan mencoba memprovokasi polisi.


"Saat kami monitor dan mengimbau untuk tidak melakukan kegiatan, namun ada beberapa mahasiswa mencoba menyerang petugas dan terjadi gesekan disana dan diamankan enam orang itu," jelas Sandi.

Namun pihak mahasiswa Papua memohon kepada polisi agar dilepaskan rekan-rekan mereka yang diamankan. Setelah mencapai kesepakatan akhirnya keenam mahasiswa tersebut dilepaskan.


"Kemudian yang lainnya memohon untuk dilepaskan agar mahasiswa bisa membubarkan diri," imbu Sandi.

Polisi pun akhirnya melepas keenam mahasiswa yang diamankan. Mereka akhirnya bersama-sama membacakan tuntutan dan membubarkan diri.

Simak Video "Mahasiswa Papua Se-Jabodetabek Gaungkan Pesan Damai di TMII"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com