detikNews
Senin 01 Juli 2019, 13:13 WIB

Penyandang Disabilitas di Tulungagung Dapat SIM Gratis di Hari Jadi Polisi

Adhar Muttaqin - detikNews
Penyandang Disabilitas di Tulungagung Dapat SIM Gratis di Hari Jadi Polisi Salah satu difabel menjalani tes praktik (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Polisi memberikan layanan dan penerbitan SIM gratis untuk belasan penyandang difabel. Ini sekaligus memperingati HUT ke-73 Bhayangkara.

Selain kaum difabel, fasilitas SIM gratis juga diberikan kepada sejumlah pemohon SIM baru yang memiliki tanggal lahir 1 Juli. Meski demikian untuk mendapatkan lisensi mengemudi tersebut para pemohon tetap diwajibkan untuk mengikuti tahapan ujian tulis dan praktik.

Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Wisnu Setiawan Kuncoro mengatakan pemberian SIM gratis tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian Polri pada momen ulang tahunnya yang ke-73. Para penyandang difabel digratiskan dari seluruh biaya yang seharusnya dibayarkan.


"Meskipun mendapatkan SIM gratis, namun prosedur tetap kami berlakukan. Nah untuk para difabel, mereka mendapatkan SIM D," kaya Wisnu Kuncoro, Senin (1/7/2019).

Wisnu berharap pemberian SIM gratis dapat memberikan semangat para difabel maupun masyarakat umum untuk tertib dalam berlalu lintas serta melengkapi surat-surat yang diwajibkan.

Sementara itu, salah seorang pemohon SIM difabel Jainuri mengaku bangga bisa mendapatkan SIM D, sebab surat tersebut sangat diperlukan untuk berkendara sepeda motor.


"Saya bangga dan terimakasih untuk pak polisi yang sudah memberikan program SIM gratis untuk kaum difabel seperti kami," kata Jainuri.

Di sisi salah seorang pemohon SIM perpanjangan yang memiliki tanggal kelahiran 1 Juli, Siaca Yulia Werdhani berharap program gratis tersebut bisa diberlakukan untuk pemohon perpanjangan SIM.

"Tadi saya kira untuk perpanjangan juga gratis, ternyata yang gratis hanya untuk pemohon SIM baru. Jadi, saya tadi tetap bayar meskipun tanggal lahir 1 Juli," kata Sisca.

Simak Video "e-SIM, Teknologi Baru Revolusi SIM Card Ponsel Kini Hadir di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed