detikNews
Sabtu 29 Juni 2019, 11:12 WIB

SPBU Terbakar di Ponorogo Masih Tutup, Operator Diikutkan Pelatihan

Charolin Pebrianti - detikNews
SPBU Terbakar di Ponorogo Masih Tutup, Operator Diikutkan Pelatihan SPBU Sinduro yang terbakar/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Operator yang bertugas saat SPBU Sinduro terbakar akan diikutkan pelatihan oleh Pertamina. Hal itu dilakukan agar petugas lebih paham akan potensi kebakaran sehingga kejadian serupa tidak terulang.

"Selama SPBU ditutup, operator bakal diikutkan pelatihan untuk keselamatan kerja," kata Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/6/2019).

Rustam juga menjelaskan sanksi untuk operator yang ketahuan kerjasama dengan penimbun BBM. Menurutnya sanksi sesuai dengan perjanjian kerjasama antara pihak SPBU selaku pemberi kerja dengan operator tersebut.


"Kalau malah pihak SPBU yang bersalah kita berikan sanksi administratif. Mulai dari peringatan sampai pemutusan hubungan kerja," jelasnya.

Menurut Rustam, pasokan bahan bakar di ke 3 SPBU terdekat dari SPBU Sinduro akan ditambah. Itu dilakukan guna mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kalau SOP Pertamina, SPBU itu melayani langsung ke konsumen baik motor atau mobil. Terkait adanya dugaan penimbunan kita serahkan ke polisi," imbuhnya.


Kebakaran hebat terjadi di SPBU Sinduro, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo, Sabtu (22/6). Kebakaran tersebut menghanguskan satu tangki dari empat tangki yang ada di SPBU tersebut.

Menurut warga setempat Sukamto, api berasal dari mobil mobil Daihatsu Zebra usai mengisi BBM jenis pertalite. Tim Labfor Polda Jatim menduga pemilik mobil dengan nopol AD 9062 CD sengaja memodifikasi bagian tangki mobil yang disambungkan ke motor pompa dengan menggunakan pipa.

"Saya nggak bisa menjelaskan ini untuk penimbunan atau tidak, nanti hasil Labfor saya serahkan ke pak Kasatreskrim untuk berita acara," kata Pemeriksa Muda Labfor Cabang Surabaya Kompol Agus Santosa saat ditemui detikcom di lokasi, Senin (24/6).

Simak Video "Kemunculan Sumber Gas Gegerkan Warga Glagah Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com