detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 17:03 WIB

Risma Sempat Makan Melalui Selang yang Dimasukkan Hidung

Amir Baihaqi - detikNews
Risma Sempat Makan Melalui Selang yang Dimasukkan Hidung Wali Kota Risma/Foto file: Amir Baihaqi
Surabaya - Wali Kota Risma sempat makan melalui selang sonde selama menjalani perawatan di ICU. Selang sonde ini sebuah alat pipa yang dimasukkan melalui hidung, kerongkongan dan menuju ke lambung. Pemasangan ini digunakan untuk pasien yang kesulitan menelan ataupun tidak bisa makan melalui mulut.

"Jadi sejak awal fungsi jantung dari RSUD Soewandhi sudah bagus, fungsi ginjal dan kencingnya juga bagus. Kemudian fungsi perutnya diberi makan, karena belum bisa makan, makanya lewat sonde (pipa makanan) juga bisa menerima. Jadi itu indikator yang bagus," kata Kepala Instalasi Rawat Intensif RSU dr Soetomo dan Reanimasi dr Hardiono SpAn KIC KAKV kepada wartawan di GBPT RSU dr Soetomo, Kamis (27/6/2019).

Sebelumnya usai dirujuk ke RSU dr Soetomo, Selasa (25/6) malam, Risma sudah bisa makan bubur di pagi harinya, Rabu (26/6).


Meski sempat dipasang alat sonde pipa makanan, dipastikan wali kota dua periode ini segera keluar dari ruang ICU. Namun dari pengalaman tim dokter perawatan intensif diprediksi akan berlangsung selama seminggu.

"Tergantung progresnya dari kondisinya. Biasanya pengalaman yang sebelumnya, kondisi seperti ini minimal satu minggu bisa melihat trennya. Kira-kira satu minggu," tambah Hardino.

Namun, menurutnya, jika trennya terus membaik dan stabil, peluang Risma segera keluar dari ruang ICU bisa lebih cepat.


"Kalau trennya membaik lebih cepet (keluar ICU) mudah-mudahan nggak sampai," tambah dokter Hardiono.

Dikatakan Hardiono, kondisi kesehatan Risma sebenarnya sejak dari RSUD Soewandhi hingga ke RSU dr Soetomo sudah bagus. Hal itu dilihat fungsi organ-organ berjalan dengan baik semuanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita mengatakan Wali Kota Risma dirujuk dari RSUD dr Soewandhi ke RSU dr Soetomo bukan terkait kondisinya. Namun hal itu dilakukan atas dasar rekomendasi dokter agar Risma mendapatkan perawatan yang lebih baik.


Risma didiagnosa asma dan maag akut sehingga dirawat di ICU. 15 Dokter menangani Risma. Di antaranya spesialis jantung, penyakit dalam, radiologi, anastesi dan mikrobiologi.


Wali Kota Risma Masuk ICU:

[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com