detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 23:54 WIB

Razia Digelar di Probolinggo Cegah Massa ke Jakarta Jelang Putusan MK

M Rofiq - detikNews
Razia Digelar di Probolinggo Cegah Massa ke Jakarta Jelang Putusan MK Petugas menyetop sebuah bus untuk diperiksa/Foto: M Rofiq
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Probolinggo - Jelang sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2019, ratusan personel gabungan menggelar razia di Probolinggo. Mereka berupaya untuk mencegah siapa saja yang hendak pergi ke Jakarta untuk melakukan aksi di depan gedung MK.

Razia digelar di 2 titik. Yakni jalur Pantura dan jalur lintas selatan.

Razia atau penyekatan melibatkan semua jajaran kepolisian. Mulai dari Sabhara, Satintelkam, Satreskrim dan Satlantas Polres. Sementara anggota TNI diterjunkan dari Kodim 0820 Probolinggo.


Di jalur pantura, razia dilakukan di Jalan Raya Gending. Sedangkan di jalur selatan berada di areal exit Tol Paspro Probolinggo Timur, Kecamatan Leces.

Semua kendaraan yang melintas diperikasa secara ketat oleh petugas. Baik roda 2 maupun roda 4. Termasuk kendaraan umum. Tak hanya itu, barang pengendara dan penumpang juga digeledah petugas.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, penyekatan dilakukan agar kekisruhan di Jakarta pada 22 Mei lalu tidak terulang pada Kamis (27/6), saat sidang putusan MK terkait sengketa Pilpres tengah berlangsung.


"Penyekatan di 2 titik ini sebagai antisipasi pergerakan massa dari Kabupaten Probolinggo khususnya. Dan juga dari wilayah tapal kuda Jawa Timur," ujar Eddwi, Rabu (26/6/2019).

Dalam razia tersebut, pihaknya memeriksa KTP pengendara dan penumpang sekaligus menanyakan tujuannya. Jika tak sesuai KTP, bersangkutan akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Sementara bagi mereka yang kedapatan membawa perlengkapan senjata tajam atau pun sejenisnya, akan diamankan petugas terlebih dahulu. Selanjutnya diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com