detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 22:33 WIB

Akan Dihadiri Jokowi-JK, Prosesi Pernikahan Anak Khofifah Digelar 4 Hari

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Akan Dihadiri Jokowi-JK, Prosesi Pernikahan Anak Khofifah Digelar 4 Hari Patimasang dan Khofifah/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Prosesi pernikahan putri sulung Gubernur Khofifah Indar Parawansa akan digelar selama 4 hari. Prosesi tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo hingga Wapres Jusuf Kalla.

"Insya Allah Pak Wapres berkenan hadir untuk akad nikah. Tadi dari Paspampres telah hadir di sini dan Pak Wapres confirm hadir di akad nikah. Pak Presiden Insya Allah hadir di resepsi Sabtu malam," ujar Khofifah usia menggelar pengajian di kediamannya di Jalan Jemurwonosari Surabaya, Rabu (26/6/2019).

Khofifah menyampaikan, prosesi pernikahan sang putri Patimasang dan Fadil Wirawan digelar mulai hari ini dengan pengajian. Kemudian akan dilanjut tradisi siraman dan malamnya ada midodareni.


Lalu akad nikah akan digelar pada Jumat (28/6) pukul 14.00 WIB. Sedangkan resepsinya digelar pada Sabtu (29/6) dengan dua sesi. Sesi pertama pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB, sementara sesi kedua pukul 18.30 WIB hingga 22.00 WIB.

"Biasa dalam tradisi hari ini ada pengajian, besok insya Allah siang itu siraman, malam midodareni. Jadi Jumat insya Allah akad nikah siang, hari Sabtu resepsi untuk sangat banyak komunitas, malam resepsi lagi untuk teman-teman OPD, teman-teman bupati itu juga jajaran TNI Polri di tanggal 29 malam," papar Khofifah.

Saat ditanya adat apa yang akan digunakan, Khofifah mengatakan akan mengusung tema modern Muslim pada resepsi siang hari. Sementara di malamnya menggunakan adat Jawa.


"Modern Muslim, katanya malam Jawa. Saya tidak terlalu paham detail bagaimana-bagaimananya tetapi kira-kira begitu. Sudah dibriefing tadi malam mungkin nanti malam dibriefing lagi sedikit-sedikit supaya nyambung untuk prosesi besok," imbuhnya.

Terkait resepsi nanti, Khofifah tidak menyampaikan secara pasti terkait total undangan yang disebar. Kalau untuk acara pengajian, ia hanya mengundang 300 orang.

"Saya ndak bisa bilang total undangan. Pengajian ini yang saya undang 300, tapi yang hadir lebih banyak. Kalau Muslimat per cabang saya hanya mengundang 10 tapi yang terkonfirmasi tadi itu Tulungagung 2 Bus, Trenggalek 1 bus. Jadi itu komunitas saya yang selama ini kami bersama, mereka ingin memberikan doa makanya saya tidak berani gambling kalau teman-teman di Muslimat ambilnya 29 pagi," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com