10 SMAN di Ponorogo Gagal Penuhi Pagu dalam PPDB 2019

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 25 Jun 2019 19:51 WIB
Potret siswa SMA di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Dari 16 SMAN yang ada di Ponorogo, 10 di antaranya tidak bisa memenuhi pagu dalam PPDB 2019. Apakah sekolah-sekolah tersebut akan kembali membuka pendaftaran bagi calon siswa baru?

Seperti data yang terangkum di Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Ponorogo, ada 6 SMAN yang terpenuhi pagunya. Kemudian ada tiga SMAN yang pagunya hanya terpenuhi 70 persen. Sedangkan 7 SMAN lainnya hanya bisa memenuhi pagu di bawah 50 persen.

"Saat ini memang PPDB telah ditutup dan sudah dilakukan daftar ulang. Namun karena ada beberapa sekolah yang kekurangan siswa maka ada yang masih membuka pendaftaran," kata Kasie SMA Cabdindik Jatim Wilayah Ponorogo Zamroni saat ditemui detikcom, Selasa (25/6/2019).


Zamroni menjelaskan, SMAN yang bisa memenuhi pagu hanya SMAN 1, 2 dan 3 Ponorogo. Kemudian SMAN Pulung, SMAN Badegan dan SMAN Babadan.

"Untuk SMKN hanya ada 3 SMK terpenuhi sedangkan 5 lainnya belum," imbuhnya.


Dari 7.223 pin untuk seluruh SMAN dan SMKN, hanya ada 3.012 pin SMA dan 3.317 pin SMKN yang diambil. "Ada sisa 1000 pin ini kemungkinan memilih masuk di SMA swasta atau MAN," tambahnya.

Zamroni menambahkan, pihaknya masih mendiskusikan terkait upaya pemenuhan pagu di sekolah-sekolah tersebut. Apakah membuka jadwal pendaftaran lagi atau tidak.

"Sepertinya untuk memenuhi pagu ya kami harus membuka pendaftaran lagi," pungkasnya. (sun/bdh)