detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 13:10 WIB

Soal HP Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Akui Wali Santri Setuju

Charolin Pebrianti - detikNews
Soal HP Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Akui Wali Santri Setuju Ponpes Walisongo Ngabar/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Video handphone (HP) milik siswa Ponpes Walisongo Ngabar dikumpulkan lalu dihancurkan pakai palu viral di media sosial. Pihak ponpes di Desa Ngabar, Kecamatan Siman mengaku wali santri menyetujui penghancuran HP.

"Adanya video tersebut kami buat untuk membuktikan ke wali murid kalau barang sitaan santri, pihak pondok tidak mengambil keuntungan sedikitpun," tutur Humas Ponpes Walisongo Ngabar Mohammad Khoirul saat ditemui di lokasi, Selasa (25/6/2019).

Khoirul menambahkan penghancuran HP tersebut sudah berlangsung sejak awal berdiri pondok tahun 1961 sialam. Dan selama ini tidak ada masalah dengan peraturan tersebut.

"Pilihannya ada dua, jika kedapatan membawa HP maka dihancurkan atau memilih keluar dari pondok saat itu juga tetap melanggar," jelasnya.


Soal HP Dihancurkan Pakai Palu, Ponpes Ngabar Akui Wali Santri SetujuFoto: Viral HP siswa dihancurkan pakai palu (Screenshot video viral)

Menurutnya, permasalahan HP santri yang dihancurkan menggunakan palu sudah selesai dan ditutup. Hal itu sudah jadi kebijakan pesantren tidak bisa dimasuki oleh publik sebagai mana mestinya.

"Baik santri maupun wali santri mengetahui aturan tersebut, kami cukupkan disini semoga jadi pembelajaran semua," tegasnya.

Sementara salah satu santri, HM menyayangkan penghancuran HP tersebut seharusnya tidak terjadi.

"Jika ada santri yang membawa HP, sebaiknya HP-nya dijual dan uangnya disumbangkan ke masjid," tukas santri asal Sumatera.

Video singkat penghancuran 40 HP yang dilakukan oleh pimpinan Ponpes Ngabar di hadapan ratusan santri viral di media sosial.



Lihat video Viral HP Siswa Ponpes di Ponorogo Dihancurkan Pakai Palu:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed