detikNews
Selasa 25 Juni 2019, 11:08 WIB

Sensasi Bercumbu dengan Bunga Buah Naga di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sensasi Bercumbu dengan Bunga Buah Naga di Banyuwangi Seorang pengunjung sedang membantu polinasi bunga buah naga/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Ada satu wisata malam yang menggugah di Banyuwangi mulai Mei hingga Agustus mendatang. Yakni bercumbu dengan bunga-bunga buah naga yang tengah bermekaran.

Lahan pertanian di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi yang terang di malam hari menarik untuk dikunjungi. Ribuan lampu menyala di kebun buah naga milik petani setempat. Terlebih, saat ini pohon-pohon buah naga tersebut sedang berbunga mekar.

Wisata malam di kebun bunga buah kini mulai digandrungi warga. Pengunjung bisa melihat secara dekat indahnya bunga buah naga yang sedang mekar.

Bahkan pengunjung bisa berswafoto di antara pohon Buah Naga berhias sorotan lampu malam. Lampu-lampu yang dipasang berderet disepanjang sela-sela tanaman justru terlihat Instagramable.

Bunga-bunga buah naga yang berwarna putih itu bermekaran. Di bagian tengahnya tampak sedikit berwarna kekuningan. Bunga tanaman kaktus dari marga Hylocereus itu hanya mekar pada malam hari (night bloom cereus).


"Sempat selfie dan menikmati indahnya bunga Buah Naga," ujar Silvia Nila Adinda, salah satu pengujung kebun buah naga kepada detikcom, Selasa (25/6/2019) malam.

Buah naga di Banyuwangi/Buah naga di Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani

Tak hanya itu, kata Silvia, dirinya juga sempat membantu petani mengawinkan (polinasi) bunga Buah Naga. Caranya dengan menyerbuki bunga betina dengan bunga jantan. Tinggal menarik pucuk bunga jantan lalu ditaburkan ke atas bunga betina.

Selain itu, jika beruntung pengunjung juga bisa menikmati manisnya buah naga yang baru dipetik.

"Ini unik dan menjadi pengalaman yang berharga. Selain itu juga bisa belajar langsung dan merasakan sensasi tersendiri saat mengunjungi tempat ini. Sempat juga mencicipi buahnya. Manis," tambahnya.

Jika dilihat dari jauh, kebun buah naga yang dipasangi lampu ini tampak instagramable. Tidak salah kalau banyak pengunjung yang datang untuk sekadar mengabadikan momen sambil menikmati keindahan bunga buah naga.


Tapi tahu nggak sih sebenarnya ada tujuan utama dari pemasangan lampu ini? Tujuannya agar buah naga bisa berbuah di luar musim.

Para petani di Banyuwangi itu sengaja menyinari pohon buah naga itu dengan lampu, agar berbuah di luar musim panen. Sebab harga di luar musim panen relatif tinggi. Seperti yang disampaikan Budiono (40), petani yang sudah menggeluti tanaman buah naga dalam empat tahun terakhir.

Buah naga di Banyuwangi/Buah naga di Banyuwangi/ Foto: Ardian Fanani

"Kebetulan saat ini sedang berbunga. Jadi waktunya untuk dikawinkan. Pohon buah naga ini memang sengaja disinari lampu agar bisa berbuah di luar musim," ujarnya kepada detikcom.

Dalam waktu 20 hari, kata Budiono, bunga yang dikawinkan tersebut akan berubah menjadi buah naga yang siap mengembang dan kemudian menjadi matang. Keindahan buah naga berbunga dengan bantuan sinar lampu yang mengandung ultraviolet bisa dinikmati pada Mei hingga Agustus.

"Memang harus dibantu seperti ini untuk penyerbukan bunga. Agar buah menjadi besar," pungkasnya.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com