Ini Cerita Teman Pelajar SMP yang Hilang di Pegunungan Argopuro

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Senin, 24 Jun 2019 12:45 WIB
Pungky (kiri)/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso - Seorang pelajar di Bondowoso dikabarkan hilang di Pegunungan Argopuro. Ia hilang setelah sebelumnya melewati kabut tebal.

Salah seorang teman korban, Pungky bercerita, mereka berempat sempat terhadang kabut tebal saat turun pada Minggu (23/6) sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka turun setelah mengurungkan niat berburu sunset.

"Semula kami berencana berburu sunset. Tapi karena kabut tebal, kami langsung turun," kata Pungky saat dimintai keterangan di Posko SAR, Senin (24/6/2019).

Ia turun bersama Riski dan Toriq. Sementara teman satuya, Syafril tidak ikut melanjutkan pendakian karena tidak kuat.


"Kami bertiga, saya, Toriq, dan Riski. Syafril menunggu di bawah. Pas kami turun itu kabutnya memang sangat tebal," tambah Pungky.

Dalam perjalanan turun, Pungky dan Riski mengikuti Toriq yang ada di depan. Saat berada pada sisi yang medannya curam, keduanya sempat bertanya pada Toriq tentang arah jalan.

"Saya sempat tanya, jalannya lewat mana. Dia jawab, agar ngikuti jalur kiri. Di situ kami bertiga sempat jatuh terpeleset, tapi berhasil pegangan rumput," terang Pungky yang baru lulus SMP.

Karena Riski tertinggal di belakang, imbuhnya, ia memperlambat langkah dengan maksud menunggu Riski. Sedangkan Toriq melanjutkan perjalanan.


Begitu sampai di bawah, mereka bertanya pada Syafril tentang keberadaan Toriq. Namun Syafril bilang bahwa Toriq belum turun.

Mereka lalu memutuskan menunggu sembari berteriak-teriak memanggil nama Toriq. Karena hingga pukul 17.30 WIB Toriq tak juga muncul, mereka akhirnya mengabarkan kejadian itu pada keluarganya.

Seorang pelajar di Bondowoso dikabarkan hilang saat melakukan pendakian di Pegunungan Argopuro sisi timur. Empat pelajar yakni Syafril, Pungky, Toriq, dan Riski bermaksud melakukan pendakian ke bukit Piramid yang ada di Desa Ardisaeng, Pakem.

Namun saat turun terjadi kabut tebal. Tiga orang berhasil turun. Sementara satu orang bernama Toriq tidak tampak bersama mereka. (sun/fat)