detikNews
Sabtu 22 Juni 2019, 19:53 WIB

Kebakaran SPBU di Ponorogo Dipicu Sebuah Mobil Usai Pengisian BBM

Charolin Pebrianti - detikNews
Kebakaran SPBU di Ponorogo Dipicu Sebuah Mobil Usai Pengisian BBM Mobil hangus saat SPBU terbakar/Foto: Charolin Pebrianti
Surabaya - SPBU di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Surodikraman, Kecamatan Ponorogo, terbakar. Diduga api berasal dari mobil Daihatsu Zebra.

Menurut Sukamto, warga setempat api berasal dari mobil tersebut. Usai mengisi BBM jenis pertalite berjarak 15 meter dari tangki pengisian, mobil tiba-tiba mengeluarkan asap dan api.

"Terus sopir dan penumpangnya lari keluar dari mobil," tutur Sukamto kepada detikcom di lokasi, Sabtu (22/6/2019).

Karena panik, lanjut Sukamto, petugas operator pun tidak bisa memadamkan api. Akhirnya orang yang berada di SPBU pun memilih lari menyelamatkan diri.

"Anehnya, mobil tidak menuju luar SPBU malah masuk kembali kedalam SPBU. Padahal sopirnya sudah keluar tapi mobil dalam keadaan berjalan," terang dia.

Saat berjalan menuju tangki SPBU, mobil dalam keadaan terbakar. Keadaan diperburuk sebab ada tabung LPG melon yang dibawa sopir.

"Ditambah nabrak tangki juga, akhirnya api semakin membesar," paparnya.

Sementara salah satu petugas SPBU, Sutarmijan mengatakan mobil yang menjadi penyebab kebakaran mengisi bensin pada tanki pertalite. Sebenarnya pengisian sudah selesai.


"Pengisiannya sudah selesai. Lalu mau keluar dari SPBU tapi tiba-tiba api muncul begitu saja. Entah darimana," terangnya.

Kabagops Polres Ponorogo Kompol Basuki menambahkan pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan. Pun juga mengumpulkan barang bukti di TKP.

"Data kami, mobil zebra itu dikendarai Lilik dan satu penumpang Samuji asal Purwantoro," katanya.

Hingga kini, polisi masih mengumpulkan beberapa bukti dari TKP. Termasuk temuan di dalam mobil ada tabung LPG dan jerigen.

"Dugaannya Lilik ini pedagang BBM ecer, didalamnya ada tangki yang disalurkan kedalam tabung yang menjadi penyebab kebakaran," imbuhnya.

Pihak kepolisian belum berani menyimpulkan apakah pengemudi zebra melakukan penimbunan atau tidak. "Kami belum berani menyimpulkan, ini masih dalam penyelidikan," tandas dia.

Data yang dihimpun detikcom, sopir yang mengendarai mobil zebra bernama Samuji asal Desa Mojo, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Di dalam mobil terdapat tabung LPG melon sebanyak 12 tabung serta 4 jerigen isi 30 liter BBM jenis pertalite.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com