detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 18:43 WIB

Viral Foto Aktivitas Napi Lapas Lowokwaru Malang di Medsos

Muhammad Aminudin - detikNews
Viral Foto Aktivitas Napi Lapas Lowokwaru Malang di Medsos Foto-foto napi Lapas Lowokwaru yang beredar di media sosial/Foto: Tangkapan Layar
Malang - Deretan foto menampilkan aktivitas narapidana di Lapas Klas I Lowokwaru, Kota Malang beredar di Facebook. Foto-foto tersebut diduga diunggah oleh mantan warga binaan.

Sebelumnya, foto-foto tersebut pertama kali diunggah oleh salah satu akun yang kini sudah menghapusnya. Namun akun Zazkia Hilda sempat mengambil gambar layar pada akun tersebut dan kemudian membagikannya.

Dalam tangkapan layar tersebut, ada beberapa foto yang menggambarkan suasana dalam lapas di Jalan Asahan, Blimbing, Kota Malang itu. Penghuni sel yang ada dalam foto diduga merupakan rekan satu sel pengunggah.

Pengunggah juga menyertakan caption dalam postingannya."Jancok dihukum nok Lapas Lowokwaru gak moleh kngen ank bojoku penjara taek ancen iki....menisan viral wes," tulis pengunggah.


Beredarnya foto warga binaan tersebut di media sosial mengejutkan pihak Lapas Klas I Lowokwaru. Petugas langsung bergerak melakukan penyelidikan.

"Penyelidikan kemudian kami lakukan berdasarkan database warga binaan. Memang ada yang bernama Indra, namun bukan seperti nama pengunggah pertama yakni Indra Kusuma. Yang ada adalah Indra Sugianto dan menyangkal telah melakukan hal tersebut," kata Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Klas I Lowokwaru Giyono saat dikonfirmasi wartawan di Lapas Lowokwaru, Kamis (20/6/2019).

Masih dari hasil interogasi terhadap Indra Sugianto, terungkap jika foto-foto yang diupload merupakan foto lama, antara 2016 sampai 2017. Bahkan sebagian bukan diambil di Lapas Lowokwaru.


Kepada petugas, Indra juga menyebutkan foto-foto itu kemungkinan diambil oleh rekannya Karnoto dan mempostingnya di facebook.

"Menurut Indra, itu kemungkinan Karnoto yang merupakan rekannya, dan dari nomor ponsel yang diberikan, pemegang HP terlacak di wilayah Dau, Kabupaten Malang," imbuh Giyono.

Giyono menambahkan, Karnoto tercatat sebagai warga binaan yang sudah bebas pada 5 Juni 2019 lalu. Menurutnya, masuk akal jika Karnoto masih memiliki foto-foto tersebut dan kemudian mem-postingnya ke media sosial.

"Karnoto mantan warga binaan yang baru bebas 5 Juni lalu. Kemungkinan masih memiliki foto dan mem-postingnya di media sosial," pungkasnya.



Tonton juga video Dalang Kerusuhan Kaburnya 73 Napi di Rutan Lhoksukon Dibekuk!:

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed