detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 17:23 WIB

Bagikan Sertifikat Gratis, Ini Pesan Jokowi ke Warga Gresik

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Bagikan Sertifikat Gratis, Ini Pesan Jokowi ke Warga Gresik Jokowi saat menyerahkan sertifikat kepada warga Gresik (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Gresik - Jokowi membagikan 3.200 sertifikat gratis kepada warga Gresik. Jokowi meminta sertifikat tanah tersebut dijaga baik-baik, bisa dimanfaatkan jika diperlukan.

"Sekarang kalau sudah pegang sertifikat saya titip, pertama sudah ada plastiknya semuanya, plastik ini penting kalau disimpan di lemari, genting bocor aman," ujar Jokowi dalam sambutannya seusai menyerahkan 3.200 sertifikat di GOR Tri Dharma Gresik, Kamis (20/6/2019).

Kedua, kata Jokowi, sesampai di rumah hendaklah sertifikat difotokopi. Itu sebagai antisipasi jika yang asli hilang. Jika hilang, maka warga bisa mengurusnya bermodalkan fotokopi sertifikat asli di BPN setempat.


"Kemudian yang ketiga, tadi bu gubernur bilang kalau sudah dapat sertifikat biasanya pingin disekolahan. Tidak apa-apa. Kalau ingin disekolahkan monggo, dipakai untuk agunan nggak apa-apa. Kalau dipakai jaminan di bank, tolong dihitung dulu, dikalkulasi dulu, bisa nyicil atau endak," lanjut Jokowi.

Jokowi mengingatkan jika dalam hitungan kalkulasi tidak memungkinkan, sertifikat jangan dijadikan agunan atau jaminan ke Bank. Sertifikat hendaklah digunakan untuk permodalan yang bisa menyejahterakan keluarga.


"Yang saya titipkan itu aja, karena saya sering menjumpai banyak masyarakat yang lupa ketika pinjam permodalan ke bank, sehingga sertifikatnya hilang," tandas Jokowi.

3.200 Sertifikat yang dibagikan Jokowi merupakan bagian dari target 53.200 sertifikat yang harus selesai di tahun 2019 di Gresik. Menurut Jokowi berdasarkan janji Menteri Agraria dan tata ruang/BPN Sofyan Djalil, bidang tanah di Gresik akan bersertifikat semua di tahun 2024.


Sertifikat Tanah Disebut Tak Berguna, Jokowi: Kita Lanjutkan!
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed