detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 12:51 WIB

Warga Gresik Tunggu Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Gratis

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Warga Gresik Tunggu Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah Gratis Ribuan warga terima sertifikat tanah di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik/Foto: Deny Prastyo Utomo
Gresik - Presiden Joko Widodo akan menyerahkan sertifikat tanah kepada ribuan warga di Kabupaten Gresik. Penyerahan sertifikat akan digelar di GOR Tri Dharma Petrokimia.

Ribuan sertifikat tanah gratis tersebut akan diserahkan langsung oleh Jokowi kepada warga dari lima kecamatan. Yakni Kecamatan Panceng, Bungah, Ujung Pakah, Duduksampeyan dan Wringinanom.

Berdasarkan data Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (BPN) Gresik, ada 3.200 sertifikat yang akan dibagikan. Sementara target sepanjang 2019 yakni 53.200 sertifikat melalui Progam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Kepala Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Gresik Asep Heri membenarkan, ribuan sertifikat itu akan diserahkan oleh Jokowi secara simbolis. Saat ini ribuan warga yang sudah menerima sertifikat tengah menunggu kehadiran RI 1.


"Secara simbolis nanti akan diterima oleh perwakilan warga dari lima kecamatan untuk menerima sertifikat," kata Asep Heri di Gor Tri Darma Petrokimia Gresik, Kamis (20/6/2019).


Qurratul Aini (40) warga Desa Samir Pelapan, Kecamatan Duduksampeyan, mengaku senang akan menerima sertifikat gratis tersebut. "Ini gratis, seneng banget," kata Qurattul.

Kini guru Play Group itu mengaku lega karena tanah miliknya sudah bersertifikat. Apalagi pengurusannya cepat.

"Saya daftar (PTSL) sejak Januari lalu. Nggak nyangka bisa cepat, biasa kan lama banget, ada yang sampai 1 tahun dan dua tahun," pungkas Qurratul.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com