detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 16:40 WIB

Polda Jatim Selidiki Unsur Kelalaian Kapal Tenggelam Tewaskan 20 Penumpang

Hilda Meilisa - detikNews
Polda Jatim Selidiki Unsur Kelalaian Kapal Tenggelam Tewaskan 20 Penumpang Korban tewas kapal Tenggelam di Perairan Sumenep/Foto: Istimewa
Surabaya - Polda Jatim akan menyelidiki unsur dugaan kelalaian yang menyebabkan Kapal Motor Arim Jaya tenggelam dan tewaskan 20 orang di Perairan Sumenep. Namun untuk sementara, pihaknya masih berfokus pada pencarian korban yang hilang.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan pihaknya tengah memeriksa beberapa saksi, termasuk nakhoda.

"Kita masih fokus pencarian, sudah kita periksa semua tinggal saja menetapkan. Tapi kan ini masih pencarian, penyelidikan masih berlangsung, pemeriksaan saksi-saksi masih berlangsung termasuk nakhoda itu," Kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (19/6/2019).


Barung menambahkan dari setiap tragedi kecelakaan selalu ada kelalaian. Untuk itu, pihaknya juga akan mengecek apakah kapal yang digunakan layak atau tidak.

"Setiap kecelakaan pasti ada unsur kelalaian. Polisi akan menyelidiki apakah ada unsur kelalaian. Minimal harus kapal yang dimodifikasi untuk penumpang kalau digunakan mengangkut orang. Polisi akan melihat itu kapal barang kah, atau kapal penumpang," imbuhnya.

Sebelumnya, kapal motor Arim Jaya mengangkut 60 penumpang ini tenggelam di perairan antara Pulau Sapudi dan Pulau Giliyang, Sumenep, Madura. Penumpang yang selamat ada 38 orang, sementara yang meninggal ada 20 dan dua orang belum ditemukan.



Tonton juga video KM Arim Jaya Tenggalam di Sumenep, 17 Penumpang Ditemukan Tewas:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com