detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 20:27 WIB

Pembangunan Alun-alun Suroboyo, Akses Jalan akan Ditutup Total 6 Bulan

Amir Baihaqi - detikNews
Pembangunan Alun-alun Suroboyo, Akses Jalan akan Ditutup Total 6 Bulan Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pemkot Surabaya berencana akan menutup total akses Jalan Yos Sudarso selama pembangunan Alun-alun Suroboyo bawah tanah. Pembangunan tersebut sendiri direncanakan akan berlangsung selama 600 hari atau sekitar 2 tahun.

"Seperti tadi disampaikan pembangunan akan berlangsung 600 hari cuma penutupannya sekitar 6 bulan. Nanti setelah 6 bulan itu sudah bisa digunakan kembali cuma di bawah masih ada pengerjaan lagi. Itu selama 6 bulan penutupan total," kata Kasie Manajemen Rekayasa Dinas Perhubungan Kota Surabaya Beta Ramadhani kepada detikcom, Selasa (18/6/2019).

Karena akan ada penutupan jalan, maka pihaknya telah menyiapkan sejumlah alternatif jalan. Namun begitu, pihaknya mengaku masih terus menggodok arus rekayasa lalu lintas.


"Untuk yang tes PIT (empat hari) hanya ada penutupan satu sisi ruas Jalan Yos Sudarso. Tapi kita sudah ada alternatif. Nah untuk rekayasanya kita sudah punya alternatif tapi akan kita finalkan besok dan kita umumkan," ujar Beta.

Sedangkan untuk penutupan selama empat hari pada pemasangan tiang tes PIT, pihak Dishub hanya akan menutup satu ruas jalan. Penutupan ratu ruas jalan tersebut akan bergantian selama empat hari.

"Jadi, (saat penutupan ruas barat) nanti kendaraan dari Jalan Gubernur Suryo tidak bisa ke kiri. Harus ke kanan dulu berputar di bundaran air mancur, baru ke arah Yos Sudarso," jelas Beta.


Sebaliknya, jika ruas jalan sebelah timur yang ditutup, maka kendaraan dari Jalan Pemuda tidak akan bisa ke kanan. Konsekuensinya kendaraan harus ke kiri dahulu melewati bundaran air mancur.

"Nah, kalau dari arah Jalan Pemuda pas penutupan ruas sebelah timur kan berarti kendaraan tidak bisa langsung belok kiri. Itu yang harus ke kanan dan putar balik melewati air mancur baru ke arah Yos Sudarso," pungkas Beta.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com