detikNews
Senin 17 Juni 2019, 14:14 WIB

Vanessa Angel akan Jalani Sidang Tuntutan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Vanessa Angel akan Jalani Sidang Tuntutan Vanesssa Angel saat menjalani persidangan (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Sidang lanjutan Vanessa Angel dengan penyebaran konten asusila terkait prostistusi akan kembali digelar. Sidang kali ini mengagendakan pembacaan tuntutan terhadap terdakwa.

Kejati Jawa Timur melalui Jaksa Penuntut Umum Novan Arianto sudah siap membacakan tuntutan terhadap Vanessa.

"Surat tuntutan sudah siap," kata Novan saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/6/2019).


Salah satu kuasa hukum Vanessa Angel, Abdul Malik mengatakan pihaknya akan tetap berpegang teguh pada pedomannya yakni Vanessa tidak bersalah.

"Karena ini kan chat pribadi, mana tindak pidananya. Ya, kami tetap pada pedoman kami sesuai fakta persidangan. Karena Jaksa kan tidak bisa menghadirkan saksi-saksi. Kalau dinyatakan bersalah ya 200 juta jiwa di Indonesia bisa dikenakan pasal 27 itu," kata Malik.


Video: Vanessa Angel Dituntut 6 Bulan Penjara

[Gambas:Video 20detik]



Namun, Malik menyampaikan jika pihaknya menghormati proses hukum yang berlaku. Pihaknya hanya mencari kebenaran hukum untuk kliennya.

"Vanessa kan chat pribadi, kalo chat pribadi bisa di ranah hukumkan 200 juta orang yang ada di Indonesia akan mengalami hal yang sama," ujar Malik.


Vanessa menjalani sidang perdana pada 24 April lalu dengan agenda pembacaan dakwaan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana. Persidangan Vanessa sendiri digelar satu minggu dua kali secara tertutup.

Vanessa Angel dijerat Pasal 27 ayat 1 jo Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed