detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 20:09 WIB

Warga Kediri Temukan Arca Ganesha Saat Gali Pondasi Rumah

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Warga Kediri Temukan Arca Ganesha Saat Gali Pondasi Rumah Arca Ganesha yang ditemukan warga (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri - Sebuah arca kuno yang diyakini arca Ganesha ditemukan di Kabupaten Kediri. Arca itu ditemukan warga di lokasi yang sedang dibangun pondasi rumah.

Lokasi tepatnya penemuan arca kuno tersebut adalah Dusun Kewagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Arca itu ditemukan Sabtu (15/6) sore.

Arca kuno itu mirip dengan lambang Kebesaran Kediri. Arca tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. Dengan deskripsi patung Ganesha berukuran tinggi sekitar 33 Cm, lebar 19 Cm, tebal arca 13 cm.

Arca Ganesha tersebut awalnya ditemukan salah satu warga setempat bernama Prianto (48) yang sedang mengerjakan pembangunan septic tank serta pondasi rumah warga Damarwulan, Kecamatan Kepung.

"Saya sedang membangun dan menggali buat septic tank serta pondasi rumah, tiba tiba menemukan sebuh benda keras, kemudian saya bongkar pelan pelan, ternyata ada arca. Saya lapor perangkat desa," ucap Prianto, Minggu (16/6/2019).


Arca GaneshaArca Ganesha (Foto: Andhika Dwi Saputra)


Prianto mengatakan tidak ada firasat sebelumnya saat menggali septic tank tersebut. Bagi Prianto temuannya tersebut sempat membuat dirinya was-was dan takut karena arca termasuk benda purbakala.

Prianto terkejut saat menggali septic tank padda kedalaman 2 meter. Ia menemukan struktur batu bata kuno berukuran besar. Batu bata tersebut terus digali dan tiba tiba Ia menemukan batu berelief menyerupai arca Ganesha

"Saya sempat gemetar mas, karena arca kan benda purbakala, saya gali saat mencapai sekitar 2 Meter, saya temukan bata dan arca relief seperti Ganesha," Imbuh Prianto.

Temuan arca Prianto sontak mengundang rasa penasaran ratusan warga setempat dan sekitar serta para pengunjung dari berbagai daerah yang berbondong bondong ingin melihat langsung temuan arca Ganesha tersebut.

Berdasar pantauan detikcom dilokasi, hingga saat ini pihak perangkat desa dan penggiat benda temuan purbakala ikut menjaga lokasi temuan arca dan menunggu pihak pemerintah Kabupaten Kediri untuk tindakan selanjutnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed