detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 17:39 WIB

Pacuan Kuda Piala Kapolri Digelar di Pasuruan, Kuda Sidoarjo Jadi Jawara

Muhajir Arifin - detikNews
Pacuan Kuda Piala Kapolri Digelar di Pasuruan, Kuda Sidoarjo Jadi Jawara 152 Kuda memeriahkan pacuan kuda Piala Kapolri (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Kejuaraan pacuan kuda Piala Kapolri dihelat di Horse Racing Ki Ageng Astro Joyo, Desa Cubanjoyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Kuda asal Sidoarjo, berhasil menjadi juara di nomor utama.

Kejuaraan tingkat nasional ini diikuti 152 kuda dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta berasal dari berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Barat hingga Sumatera.

Kejuaraan yang digelar sehari ini mempertandingkan 7 nomor dari 7 kelas berbeda. Yakni kelas A, B, C, D, E, F dan nomor kelas utama Jatim Derby.

"Kejuaraan tingkat nasional ini kami gelar setiap tahun. Tahun ini istimewa, Piala Kapolri," kata panitia kejuaraan, Marzuki Mustofa, di lokasi, Minggu (16/6/2019).


Menurut Marzuki, kuda tercepat di kelas Jatim Derby akan dikirim ke kejuaraan nasional pacuan kuda yang akan dihelat pada Juli mendatang.

"Jadi ini juga seleksi, nantinya kuda-kuda jawara kelas akan kami kirim ke Kejurnas," terang Ketua Divisi Pacu Pordasi Jatim, ini.

Di kelas utama Jatim Derby, juara pertama diraih kuda bernama Grand Mayyora dari Mayyora Stable, Sidoarjo Kuda kekar itu menjadi yang tercepat dengan joki bernama A. Trisna.

"Juara kedua kuda bernama Rocky Eclipse dari Eclipse Stable, Jawa Tengah, dengan joki M Soleran. Sementara juara ketiga diraih kuda bernama Pioner dari Guti Stable, Sumbar dengan joki Ridwan," jelas Marzuki.


Kejuaraan pacuan kuda ini menyedot animo warga. Sejak pagi hingga sore hari, ratusan warga memadati tribun penonton menyaksikan pacuan. Mereka antusias mengikuti jalannya pacuan di semua nomor.

"Kejuaraan ini jadi hiburan tersendiri bagi warga. Meski nggak ikut punya kuda tapi ikut merasakan tegang. Seru pokoknya," kata Abdul Majid, warga Kejayan.

Kelas utama Jatim Derby diwarnai insiden jatuhnya seorang joki dari kuda sebelum menyentuh garis finis. Kejadian ini membuat para penonton histeris. Petugas dari panitia langsung memberikan pertolongan. Joki tersebut dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans. Sampai saat ini, belum diketahui kondisi joki tersebut.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed