detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 16:49 WIB

Lebah Bersarang dan Serang Warga Probolinggo, Petugas Bertindak

M Rofiq - detikNews
Lebah Bersarang dan Serang Warga Probolinggo, Petugas Bertindak Petugas mengasapi sarang lebah (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Lebah yang bersarang di rumah warga di Jalan WR Supratman, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, membuat resah. Lebah tersebut ternyata menyerang warga.

Lebah tersebut bersarang di atap rumah Rendy Hartanto (31). Rendy sendiri sempat menjadi korban serangan hingga harus dibawa ke Rumah Sakit dr Mohammad Saleh, Kota Probolinggo.

Menurut keterangan Rendy, sarang tawon liar di rumahnya sudah ada selama 15 tahun terakhir. Ia tak berani mengusir tawon liar tersebut, lantaran pernah jadi korban sengatannya.

"Sebenarnya sejak dulu, saya ingin mengusirnya dari atap rumah. Namun karena berbahaya, dan jumlahnya banyak sampai sekitar ratusan saya pun mengurungkannya," ujar Rendy kepada detikcom, Sabtu (15/6/2019).


Rendy mengatakan setelah pernah diserang dibawa ke rumah sakit, ia pun terkadang memilih mengamankan diri ke rumah tetangga dan saudaranya. Namun lantaran beberapa hari terakhir serangan tawon semakin bringas, dan sampai keluar sarang dua kali sehari. Reny pun memilih pertolongan, dari pihak terkait.

"Saya mealapor ke layanan 112," kata Rendy.

Tim Unit Penjinak Hewan Liar dari Damkar Kota Prbolinggo, Sulis Susanto mengatakan, yang datang ke lokasi perlu mengerahkan tenaga ekstra guna memindahkan sarang lebha dari rumah Rendy.

Bahkan lebah sempat mengejar dua petugas yang mengusik sarangnya.


"Tadi sampai 1 jam, kami lakukan evakuasi sarang tawon. Beruntung tak sampai ada korban lagi. Saya imbau masyarakat berperan aktif, jika ada hewan liar yang mengancam keselamatan," imbau Sulis.

Sulis meminta agar pemilik rumah aktif melaporkan jika nantinya ada lagi lebah yang membuat sarang di tempat semula. Hal itu agar tidak membahayakan warga sekitar.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed