detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 21:12 WIB

Hari Donor Darah Sedunia, Ratusan Pendonor Antre di PMI Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Hari Donor Darah Sedunia, Ratusan Pendonor Antre di PMI Surabaya Beberapa pendonor yang tengah menyumbangkan darah/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Di Hari Donor Darah Sedunia, antusiasme pendonor meningkat di Surabaya. Ratusan pendonor antre hingga malam di PMI Surabaya.

Seperti pantauan detikcom sekitar pukul 19.30 WIB, ruang antrean UTD PMI Kota Surabaya masih dipenuhi para pendonor. Saking inginnya mendonorkan darah, bahkan ada pendonor yang dua kali datang.

Hal itu dilakukan Harsono (28) warga asli Solo. Ia kagum sama warga Surabaya yang begitu antusias mendonorkan darah. Menurutnya, karena antusiasme masyarakat tinggi, ia mendapat nomor antrean tinggi pula. Sehingga mengharuskan dirinya untuk datang dua kali.

"Saya tadi siang datang ke sini antrenya banyak banget. Akhirnya keluar lagi. Terus habis magrib balik ke sini ternyata masih ramai banget. Memang antusias warga Surabaya luar biasa. Memang warga Kota Surabaya solidaritasnya tinggi," kata Harsono saat ditemui detikcom usai mendonorkan darahnya, Jumat (14/6/2019).


Harsono menyampaikan, ia mendapatkan suvenir boneka usai mendonorkan darah. Menurutnya suvenir tersebut disediakan PMI Surabaya untuk memeriahkan peringatan Hari Donor Darah Sedunia

"Ini dapat suvenir boneka dan snack. Biasanya hanya snack saja. Saya sudah 15 kali donor. Di Surabaya baru 3 kali ini," imbuh Harsono.
Pendonor yang mengantre di PMI Surabaya/Pendonor yang mengantre di PMI Surabaya/ Foto: Deny Prastyo Utomo
Pendapat senada juga disampaikan pendonor lainnya M Junianto. Menurutnya, peringatan Hari Donor Darah sebelumnya tidak seramai seperti saat ini.

"Biasa ramai tapi nggak seramai ini. Kalau ada bencana seperti dulu, ada bom, semua dengan sendiri datang antri ke sini," kata Junianto.


Kasi Humas dan Rekrutmen UTD Kota Surabaya Triksi Hendria membenarkan, dalam peringatan hari Donor Darah Sedunia, PMI Surabaya menyediakan suvenir khusus bagi para pendonor.

"Untuk yang mendonorkan darah di UTD PMI Kota Surabaya pihaknya juga telah menyiapkan suvenir. Kami buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Tak hanya itu, kami juga menjemput para pendonor di Taman Bungkul. Kami juga menyiapkan 150 paket sembako bagi para pendonor darah pertama. Kami buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB," kata Triski.

Ia juga mengakui jika antusiasme masyarakat dalam mendonorkan darah pada hari ini sangat tinggi. Ada ratusan pendonor yang sudah menyumbangkan darahnya.

"Kali ini cukup ramai. Hingga pukul 19.00 WIB tercatat yang lolos mendonorkan darah di UTD PMI Kota Surabaya sebanyak 490 pendonor," pungkas Triski.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed