detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 19:37 WIB

Soal Usul Anggaran Pilwali Rp 85,1 M, DPRD Surabaya akan Panggil KPU

Amir Baihaqi - detikNews
Soal Usul Anggaran Pilwali Rp 85,1 M, DPRD Surabaya akan Panggil KPU Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijono/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Komisi A DPRD Kota Surabaya berencana akan memanggil para komisioner KPU. Pemanggilan itu dilakukan untuk menanyakan sejauh mana persiapan Pilwali dan usulan anggaran Rp 85,1 miliar.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, pihaknya merasa perlu untuk mengetahui detail penganggaran Pilwali untuk apa saja. Mengingat DPRD merupakan lembaga representasi dari rakyat.

"Jadi kami ingin mengundang. Pertama, ingin memastikan persiapan tahapan Pilkada 2020. Yang paling penting soal fungsi DPRD dalam penganggaran tentang apa saja yang sudah disiapkan, dibutuhkan dan berapa nominal keuangannya. Kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada dari sisi itu beres," kata Adi saat dihubungi detikcom, Jumat (14/6/2019).


Menurutnya penganggaran tersebut bisa terbagi menjadi 2 termin. Kalau tahapan Pilkada sudah dimulai 2019 maka akan dimasukan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) atau perubahan APBD 2019. Sedangkan anggaran yang 2020 akan dimasukkan pada APBD murni tahun tersebut.

"Itu karena kalau persiapan Pilkada-nya dimulai tahun 2019, nah kita juga ingin tahu persiapan itu apa saja," imbuhnya.


Menurut Adi, selain menanyakan kesiapan Pilwali, ia juga ingin memastikan kinerja dan profesionalisme dari para komisioner yang baru saja dilantik.

"DPRD sebagai lembaga yang mempresentasikan rakyat juga ingin memastikan kinerja KPU itu profesional. Apalagi ini para komisioner yang baru saja terpilih. Jangan sampai kemudian terjadi tidak profesional dan berpihak nantinya," terang politisi PDPI itu.

"Kita harus memastikan KPU bekerja dengan netral. Jangan sampai kemudian ada kepentingan-kepentingan subyektif di situ," pungkas Adi.

Sebelumnya diberitakan, Komisioner KPU Kota Surabaya Nur Syamsi periode 2019-2024 mengatakan, anggaran yang diajukan untuk Pilwali Surabaya 2020 mencapai Rp 85,1 miliar. Angka itu lebih tinggi dibandingkan pada penyelenggaraan Pilwali sebelumnya yang mencapai Rp 72 miliar.


Hanya Diberi 3 Hari Untuk Siapkan Jawaban, KPU: Tidak Adil
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com