detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 19:11 WIB

Berkas 4 Tersangka Pembalakan Sonokeling Dilimpahkan, Oknum Polisi Belum

Adhar Muttaqin - detikNews
Berkas 4 Tersangka Pembalakan Sonokeling Dilimpahkan, Oknum Polisi Belum Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Kejari Trenggalek menerima pelimpahan dugaan pembalakan liar Sonokeling di jalan nasional dengan empat tersangka warga sipil. Sedangkan tersangka dari oknum polisi belum dilimpahkan.

Kasi Pidum Kejari Trenggalek, Fajar N mengatakan, tim jaksa mengatakan dalam pelimpahan tahap dua tersebut pihaknya menerima seluruh berkas pemeriksaan dari penyidik Polres Trenggalek beserta barang bukti dan empat orang tersangka.

"Berkas perkara telah lengkap atau P21 dan sekarang sudah dilakukan tahap dua. Untuk empat tersangka tetap kami tahan," kata Fajar saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).

Keempat tersangka yang dilimpahkan ke kejaksaan adalah Agus Mahendra, warga Tulungagung selaku penadah dan penyandang dana, Wahyu Agus P, pensiunan PNS Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Sutrisno warga Durenan Trenggalek selaku surveyor lokasi kayu serta Ahmad Kiswono, PNS BBPJN selalu koordinator penebangan.


Dengan penyerahan perkara tersebut, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat ini tengah menyusun surat dakwaan sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Trenggalek. Pihaknya menargetkan sebelum 20 hari perkara tersebut sudah diajukan ke pengadilan untuk menjalani persidangan.

"Sekarang masih menyusun dakwaan, kemarin ada beberapa yang harus dikoreksi. Kami akan berusaha secepatnya untuk dilimpahkan ke pengadilan, karena memang ada batasan waktu juga, kan penahanan tersangka berlaku 20 hari," imbuhnya.

Sementara saat disinggung terkait tersangka dari oknum polisi Bripka SH, kejaksaan mengaku belum menerima berkas dari penyidik Polres Trenggalek. Ia menyebut tersangka SH masih dalam tahap pemberkasan di kepolisian.

"Untuk SH kami belum menerima berkasnya, masih pemberkasan di polisi. Nanti kasusnya akan di-split (dipisah) dengan empat tersangka lain," imbuhnya.


Kasatreskrim Polres Trenggalek, AKP Sumi Andana membenarkan terkait pelimpahan perkara Sonokeling tersebut, sedangkan terkait tersangka Bripka SH masih dalam pemberkasan.

"Yang empat sudah P21, untuk SH masih pemberkasan, tapi SPDP sudah kami kirim ke kejaksaan," kata Sumi Andana.

Polres Trenggalek membongkar jaringan pembalakan kayu Sonokeling yang berada di rumija Jalan Nasional Trenggalek-Tulungagung. Komplotan pelaku nekat menebangi sejumlah kayu yang masuk kategori Apendix II dengan membuat surat perintah penebangan palsu dan tanpa izin BKSDA. Satu dari lima tersangka yang ditetapkan merupakan oknum anggota Polres Trenggalek yang bertugas sebagai "backing".
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed