detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 10:06 WIB

BPBD Ponorogo Petakan 22 Desa Rawan Kekeringan

Charolin Pebrianti - detikNews
BPBD Ponorogo Petakan 22 Desa Rawan Kekeringan Kekeringan di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - BPBD Ponorogo kini telah memetakan area rawan kekeringan di Ponorogo. Ada 22 desa yang terletak di 7 kecamatan yang diprediksi bakal kekeringan.

"Sejak pertengahan Mei curah hujan berkurang drastis," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono kepada detikcom saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).

Budi sapaannya merinci desa yang masuk dalam daftar rawan kekeringan yakni Desa Duri, Tugurejo, Kambeng, Slahung, Caluk, Ngilo-ilo, Menggare (Slahung), Suren (Mlarak), Tulung (Sampung), Karangpatihan (Pulung), Dayakan (Badegan), Ngendut, Pandak, Karangpatihan (Balong), Pelem, Munggu, Bungu (Bungkal), Tumpuk, Sawoo, Prayungan (Sawoo), Mrican (Jenangan), dan Gabel (Kauman).

Data tahun lalu sedikitnya 7.863 jiwa atau 2.234 KK terdampak krisis air bersih.

"Tapi hingga kini belum ada permintaan air bersih, namun BPBD mulai mengecek persiapan armada," terang dia.

Budi membeberkan ada tiga armada yang disiapkan untuk memenuhi permintaan droping air bersih. Sementara jadwal pengiriman pasokan air bersih menyesuaikan permintaan. Pun pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap kantung-kantung rawan krisis air bersih.


"Tahun lalu saat kekeringan permintaan droping air bersih tinggi, diprediksi tahun ini bakal lebih tinggi dibanding tahun lalu," jelasnya.

Berdasarkan data tahun lalu, daerah terdampak kemarau paling parah berada di Kecamatan Slahung. Sedikitnya ada tujuh desa yang kesulitan air bersih di kecamatan tersebut. Pun intensitas pengiriman air bersih paling tinggi.

"Slahung memang paling tinggi. Desa di kecamatan lain juga hampir sama tingginya," imbuh dia.

Pihaknya mengimbau warga bersiap menghadapi ancaman kemarau tahun ini. Meskipun diakuinya prediksi tersebut dapat berubah menyesuaikan cuaca yang ada.

"Warga harus bersiap dan terus waspada, namun prediksi bisa berubah sesuai dengan kondisi," pungkasnya.



Tonton juga video Musim Hujan, Ratusan Hektare Sawah di Subang Kekeringan:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed