detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 21:37 WIB

Pos Pam dan Pos Yan di Jatim Dilombakan, Juaranya Adalah?

Amir Baihaqi, Ainur Rofiq - detikNews
Pos Pam dan Pos Yan di Jatim Dilombakan, Juaranya Adalah? Kasat Lantas Gresik dan Tuban dengan piala (Foto: Istimewa)
Surabaya - Pos pengamanan (pos pam) dan Pos pelayanan (pos yan) yang dibangun dan berdiri di setiap wilayah hukum polres di Jatim ternyata dilombakan. Siapa juaranya?

Polda Jatim mengumumkan para pemenang lomba pos pam dan pos yan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2019. Hasilnya, Polres Gresik berhasil menyabet juara pertama pos pam dan pos yan sekaligus untuk Satwil tipe A.

Perlombaan pos pam dan pos yan digelar merupakan kerjasama dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Jatim. Sedangkan penilaian didasarkan pada kelengkapan, pelayanan, dan kesiapsiagaan petugas pos.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan dengan adanya perlombaan tersebut dapat memotivasi anggota dalam berinovasi. Sebab dengan inovasi yang dilakukan akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat semakin maksimal.

"Diharapkan pelaksanaan lomba tersebut dapat memotivasi masing-masing Satwil dalam berinovasi guna memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru pada tahun-tahun berikutnya," kata Luki di Mapolda Jatim, Kamis (13/6/2019).

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengaku senang dengan capaian dan hasil yang telah diraih Polres Gresik. Sebab semua yang telah dilakukan merupakan bagian dari kerja tim antar instansi, masyarakat dan Pemda Gresik juga.

"Yang pasti senang dan bangga dengan capaian ini. Sebab selama ini memang kami tekankan agar maksimal jika ada perlombaan-perlombaan seperti ini," ujar Wahyu.


Pos Pam dan Pos Yan di Jatim Dilombakan, dan Juaranya Adalah?Foto: Istimewa


"Untuk itu kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu. Sebab pembuatan Pos Pam dan Pis Yan bagus karena support dari Pemda, TNI, Relawan dan juga swasta yang ada di Kabupaten Gresik," tandas Wahyu.

Pos pam dan pos yan Gresik mempunyai tema berbeda untuk tahun ini. Untuk pos pam mempunyai tema Istana Negara sebagai simbol tahun politik. Sementara untuk pos yan mempunyai tema Unity in Diversity (Bhinneka Tunggal Ika) dengan simbol lima rumah adat.

Sementara itu, keberhasilan juga diraih Polres Tuban yang pos yan nya jugamenyabet juara I untuk Satwil tipe B. Pos yan Polres Tuban mempunyai tema Markas Avengers.

Dengan ornamen bergaya superhero serta hadirnya replika para tokoh penyelamat ini memang sangat mengundang para pemudik untuk sekedar mampir untuk berswafoto atau bahkan untuk beristirahat saat lelah berkendara.

Di pos pelayanan yang berdiri megah di area rest area milik pemkab Tuban itu, pemudik bisa menikmati fasilitas yang disediakan Satlantas Polres Tuban secara gratis. Fasilitas pelayanan yang disediakan diantaranya, ruang kesehatan, ruang bermain anak-anak dan ruang baca.Ada juga cafe Avengers untuk pemudik yang ingin menikmati secangkir kopi dan makanan kecil.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan dirinya tak menyangka jika pso yan markas Avengers dinobatkan mennjadi pos yan terbaik untuk Satwil tipe B.

"Tentunya kita bersyukur dengan apresiasi dari masyarakat dan pimpinan. Kita tidak menyangka pos pelayanan jadi juara, sekali lagi terima kasih atas penghargaan ini, semoga menambah semangat kami untuk mengabdi kepada masyarakat" kata Nanang.

Berikut daftar para juara pos pelayanan dan pengamanan selama Operasi Ketupat Semeru 2019.

Kategori Pos Pelayanan

1. Juara I Satwil tipe A, Polres Gresik.
2. Juara I Satwil tipe B, Polres Tuban.
3. Juara I Satwil tipe C, Polres Bangkalan.

Kategori Pos Pengamanan

1.Juara I Satwil tipe A, Polres Gresik.
2. Juara I Satwil tipe B, Polres Tulungagung.
3. Juara I Satwil tipe C, Polres Bojonegoro
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed