detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 10:15 WIB

Penyewa ATV di Blitar Raup Omzet Puluhan Juta Selama Libur Lebaran

Erliana Riady - detikNews
Penyewa ATV di Blitar Raup Omzet Puluhan Juta Selama Libur Lebaran Salah satu ATP di Pantai Serang Blitar yang terparkir/Foto: Erliana Riady
Blitar - Libur Lebaran membawa berkah bagi banyak orang. Seperti yang dirasakan penyedia jasa penyewaan All Terrain Vehicle (ATV) di Pantai Serang, Blitar. Selama masa libur lebaran, omzetnya meningkat hingga 300 persen per hari.

Setiap pukul 06.30 WIB, Robi Cahyadi telah duduk di lapak persewaan ATV. Ada 20 unit wahana permainan mobil mini yang ia siapkan bagi pengunjung pantai.

Seperti pantauan detikcom, semua ATV milik Robi tampak baru. Sehingga banyak pengunjung pantai yang menyewa di lapaknya. Padahal di sepanjang pantai Serang ada empat pelapak ATV serupa.

"Sengaja saya persiapkan buat masa libur Lebaran tahun ini. Alhamdulillah dapat modal pinjaman lunak untuk pengembangan perekonomian masyarakat kawasan pantai pesisir selatan Blitar," kata Robi kepada detikcom, Kamis (13/6/2019).


Perhitungan bisnis Robi tidak meleset. Di masa libur panjang, omzet yang diperoleh dari jasa persewaan ATV naik sampai 300 persen. Karena dalam sehari ia bisa meraup pendapatan sampai Rp 10 juta.

"Ya tinggal dikalikan saja Mbak. Kalau pas musim libur gini, satu unit ATV bisa dapat Rp 500 ribu. Itu naiknya omzet sampai 300 persen jika dibandingkan hari biasa," imbuhnya.

Harga ATV yang dibelinya sekitar lima bulan lalu Rp 20 juta/unit. Jadi jika libur Lebaran berlangsung selama sepekan, omzet yang diperoleh bisa sampai Rp 70 juta. Itu artinya Robi bisa melunasi tiga unit ATV selama musim libur Lebaran.

Prospek bisnis persewaan ATV terbilang menjanjikan. Wahana ini bisa dinikmati semua umur dan kalangan. Tak hanya di pantai, semua kawasan wisata bisa dirambah.


Di Pantai Serang, persewaan ATV mulai marak sejak tiga tahun lalu. Saat pertama ada, tarif sewanya Rp 30 ribu/jam. Namun tahun ini naik menjadi Rp 100 ribu/jam.

"Tarifnya sama seperti hari biasa kok. Memang naik Rp 100 ribu/jam tahun ini. Tapi banyak pengunjung yang maunya hanya sewa setengah jam, kami juga layani," kata Iwan, teman Robi.

Pada hari biasa, satu unit ATV milik Robi bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 150 ribu. Kenaikan omzet biasa terjadi saat libur akhir pekan.

Dari omzet rata-rata sekitar Rp 3 juta/hari, Robi mengaturnya dengan sangat teliti. Dia harus menyisihkan untuk membayar cicilan, biaya operasional dan biaya perawatan. Sisanya, baru diberikan kepada istri untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Hidup di desa, kalau sehari bisa pegang Rp 150 ribu saja, istri dan keluarga saya sudah sangat bersyukur mbak," pungkasnya sambil tertawa.



Lihat video Pantai Serit di Blitar Tempat Bertapa Prabu Hayam Wuruk:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed