DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 19:45 WIB

Dikhawatirkan Melarikan Diri, Lima Pengurus YKP Surabaya Dicekal

Amir Baihaqi - detikNews
Dikhawatirkan Melarikan Diri, Lima Pengurus YKP Surabaya Dicekal Saat tim Kejati Jatim menggeledah YKP (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menetapkan status cekal kepada lima pengurus Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT Yekape. Pencekalan tersebut merupakan buntut dari penggeledahan dan penyitaan sejumlah dokumen di dua kantor Jalan Sedap Malam dan Wijaya Kusuma kemarin (11/6).

Dari informasi yang dihimpun, lima pengurus YKP dan PT Yekape itu adalah Surjo Harjono, Mentik Budiwijono, Sartono, Chairul Huda, dan Catur Hadi Nurcahyo.

Dikonfirmasi mengenai kabar pencekalan tersebut, Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim Didik Farkhan Alisyahdi membenarkan bahwa pihaknya telah mengirim surat pencekalan kelima pengurus YKP dan PT Yekape ke pihak imigrasi.


"Benar hari ini penyidik sudah mengirimkan surat permohonan pencekalan ke imigrasi lewat Asisten Intelijen," kata Didik saat dihubungi, Rabu (12/6/2019).

Menurut Didik, pencekalan itu harus dilakukan karena pihaknya ingin proses penyidikan berjalan lancar dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang bersangkutan melarikan diri. Atas dasar itulah, kemudian pihak Kejati melayangkan surat permohonan status cekal kepada kelima pengurus YKP dan PT Yekape.

"Ada kekuatiran penyidik bahwa nanti proses penyidikan akan ada kendala bila mereka ada yang melarikan diri. Untuk mencegah itu kami putuskan untuk melakukan pencekalan terhadap mereka" terang alumnus Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang itu.

Ditanya apakah pencekalan tersebut akan berlanjut dengan kenaikan status menjadi tersangka? Didik enggan menjawabnya. Ia hanya meminta agar semua pihak bersabar dan menunggu proses penyidikan yang saat ini sedang berlangsung.


"Ah, sabarlah. Tunggu tanggal mainnya. Nanti kalau ada penetapan tersangka saya kabari," pungkasnya.

Sebelumnya, Kejati Jatim menurunkan 2 tim untuk menggeledah dua kantor Yayasan Kas Pembangunan (YKP) di Jalan Sedap Malam dan PT Yekape di Jalan Wijaya Kusuma, Surabaya. Penggeledahan dilakukan sehubungan dengan dugaan kasus korupsi yang bernilai triliunan.

"Kita sedang melakukan penyidikan kasus korupsi dalam YKP dan PT YKP ini kita sedang menggeledah dokumen-dokumen supaya memudahkan kelancaran kita dalam pemberkasan nanti," kata Didik waktu itu.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed