detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 22:27 WIB

Risma Lawatan ke Prancis, Apa Saja Kegiatannya?

Amir Baihaqi - detikNews
Risma Lawatan ke Prancis, Apa Saja Kegiatannya? Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali melakukan lawatan ke luar negeri. Kali ini Risma akan berkunjung ke Kota Nancy, Perancis dalam kapasitasnya sebagai undangan pembicara di forum internasional, World Materials Forum (WMF).

Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser mengatakan, Risma akan berada di Perancis selama 3 hari sejak tanggal 12 sampai 14 Juni. Di sana Risma akan memaparkan tentang inovasi pendaurulangan sampah plastik yang telah dilakukannya di Kota Surabaya.

"Di Kota Surabaya, kita sudah melakukan pendaurulangan sampah plastik itu melalui berbagai program. Bahkan, kita juga sudah melibatkan masyarakat dan stakeholder lainnya untuk mengelolanya," kata Fikser saat ditemui di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (11/6/2019).


Ditambahkan Fikser, Risma akan menyampaikan materinya pada hari ketiga, tepatnya pada 14 Juni. Tema besar yang akan disampaikan adalah daur ulang plastik di kota-kota besar.

"Termasuk pengelolaan sampah dan perkampungan di Surabaya yang banyak melibatkan masyarakat, sehingga partisipasi publik di Surabaya benar-benar nyata," terang mantan camat Sukolilo itu.

Selain menjadi pembicara, lanjut Fikser, Risma juga akan mengikuti sejumlah acara dengan berbagai tema selama tiga hari di Kota Nancy. Di hari pertama tanggal 12 Juni 2019, ia akan mengikuti pembukaan debat tentang bahan pintar untuk pengelolaan air. Kemudian pada hari berikutnya tanggal 13 Juni, Risma akan mengikuti rapat pleno sesi satu, dengan tema menilai kekritisan materi dengan fokus khusus pada geopolitik.


Masih di hari yang sama, wali kota dua periode Surabaya itu juga akan mengikuti focus group discussion dengan tema efisiensi bahan dari rantai supplay elektronik. Usai acara itu Risma kemudian akan mengikuti rapat pleno kedua dan penutup.

"Semoga dengan kunjungan ini ibu bisa berbagi pengalaman dan bisa menambah jaringan internasionalnya," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed