Wabah Ulat Bulu Serang Tanaman dan Rumah Warga Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 11 Jun 2019 17:07 WIB
Wabah ulat bulu di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Serangan ulat bulu meresahkan warga Dusun Blokagung RT 01 RW 04 Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Selain menyerang tanaman, ulat bulu juga masuk ke rumah-rumah warga.

Ular bulu menyerang rumah warga dan tanaman sejak sebelum Hari Raya Idul Fitri 2019. Hingga saat ini, wabah ulat bulu masih meresahkan warga sekitar.

"Sudah masuk rumah sejak kemarin. Ini kita coba mengusir dengan semprotan seadanya," ujar Bambang, warga sekitar kepada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019).


Sebelumnya, ulat bulu menyerang tanaman seperti bunga dan buah naga. Ulat menyerang daun bunga yang ada di sekitar rumah warga. Sementara pada tanaman buah naga, mereka menempel di pohon dan buah.

"Daun habis dimakan ulat bulu. Tadi juga ada buah naga diserang. Kami harap dinas terkait segera mengatasi masalah ini," tambahnya.


Karena ulat-ulat tersebut masuk ke rumah, kini warga mulai mengeluh gatal-gatal. ulat-ulat bulu yang mulai masuk ke rumah-rumah, membuat warga mengalami gatal-gatal. Wabah ulat tersebut sudah dilaporkan ke pihak terkait. Itu dilakukan agar wabah tersebut tidak menyebar ke wilayah lain.

"Beberapa warga ada yang mulai terserang gatal-gatal," pungkasnya. (sun/fat)