detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 15:13 WIB

Rektor Unair: Uang Kuliah Kedokteran Dipatok Rp 1 M Dipastikan Hoaks

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rektor Unair: Uang Kuliah Kedokteran Dipatok Rp 1 M Dipastikan Hoaks Rektor Unair Prof M Nasih/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Rektor Unair Prof M Nasih membantah kabar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi yang mencapai Rp 1 miliar. Menurutnya, UKT tertinggi hanya Rp 99 juta.

Pendaftaran mahasiswa baru Unair lewat jalur SBMPTN telah dibuka sejak tanggal 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Namun, untuk jalur Mandiri, pendaftaran baru dibuka tanggal 13 hingga 24 Juni.

Lalu berapa biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Unair? Dari data UKT tahun akademik 2018/2019 yang diperoleh detikcom, untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur SBMPTN ada beberapa golongan UKT.


Misalnya pada mahasiswa Kedokteran, UKT pada golongan I berkisar antara Rp 0-500 ribu hingga Rp 2,4 juta. Sementara di golongan II, UKT mahasiswa senilai Rp 10 juta, golongan III sebesar Rp 15 juta hingga golongan IV senilai Rp 25 juta.

Sedangkan untuk jalur Mandiri, Rektor Unair Prof M Nasih membenarkan adanya perbedaan UKT. Namun maksimal hanya sampai Rp 99 juta. Nasih membantah kabar yang kerap beredar bahwa Unair mematok Rp 1 Miliar untuk biaya jalur mandiri di Fakultas Kedokteran.

"Ada di Mandiri Fakultas Kedokteran, Uang Kuliah Semester (UKS)-nya Rp 15 juta, UKT maksimal Rp 99 juta. Itu (Unair mematok Rp 1 Miliar) dipastikan hoaks dan ilegal. Kalau ketahuan kita akan protes," kata Nasih di Unair Kampus C Surabaya, Selasa (11/6/2019).

Bahkan, Nasih menyebut di tahun lalu, pihaknya menerima UKT tertinggi hanya Rp 75 juta untuk fakultas kedokteran. Nasih mengakui memang ada calon mahasiswa yang bersedia membayar UKT di atas itu, namun mahasiswa tersebut tidak lolos lantaran nilainya kurang.


Nasih menyebut untuk jalur mandiri, UKT tinggi bukan jaminan utama. Tetapi harus diikuti dengan nilai yang cukup agar bisa diterima. Sementara jika ada pihak-pihak yang bertanggungjawab yang menawarkan jasa masuk Unair dengan sejumlah uang, Nasih menegaskan mereka bukan bagian dari Unair.

"Di Unair tidak ada biaya tambahan apapun untuk masuk dan tidak perlu lewat calo ini itu, tidak ada agent. Kalau ada yang bilang bisa beli jawaban, orang soalnya saja belum dibikin kok," lanjutnya.

Sementara jika ingin mengetahui jumlah UKT secara lengkap, calon mahasiswa baru bisa mengunjungi situs resmi unair di http://ppmb.unair.ac.id/id/page1/biaya-studi-sarjana?tabmenu=front-tab-menu-studi-fee-s1&menu=Biaya%20Studi&label=Sarjana.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com