detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 15:08 WIB

Ini Tiga Alasan Membuat Ahmad Dhani Ajukan Banding

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Ini Tiga Alasan Membuat Ahmad Dhani Ajukan Banding Ahmad Dhani usai divonis/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Ahmad Dhani divonis 1 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Pentolan Dewa 19 itu pun mengajukan banding. Ini tiga alasan Dhani mengajukan banding terkait kasus 'idiot' pencemaran nama baik.

"Saya sangat menyanyangkan majelis hakim mengabaikan fakta-fakta persidangan. Yang saya tahu ada tiga," kata Dhani usai sidang di PN Surabaya Jalan Arjuno, Selasa (11/6/2019).

Tiga itu, jelas Dhani, majelis hakim mengabaikan dari pembuat UU Hukum ITE yang menyatakan bahwa harus ada subyek hukum yang menjadi korban.


"Orang perorangan, bukan lembaga hukum ataupun apapun. Naturalis person adalah yang membuat UU ITE, kemarin sudah bersaksi di depan majelis hakim harus ada subyek hukum. Kenapa harus ada subyek hukum, sehingga tidak saling mereka-reka, ini kayaknya dihina ini, ini kayaknya yang dihina yang ini, ini fakta yang disembunyikan. Maka dari itu harus ada subjek hukum yang jelas, menurut saksi ahli Teguh Afriadi dari Memkominfo yang membuat UU ITE ini, nah itu yang diabaikan yang disembunyikan," tambah suami Mulan Jameela.


Video: Tak Terima Vonis Hakim, Ahmad Dhani: Fakta Persidangan Diabaikan!

[Gambas:Video 20detik]



Hal kedua yang disayangkan, tegas dia, keterangan saksi pidana Yakubus yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Menyatakan ini adalah pasal 315 KUHP, bahwa menghina ringan itu berbeda dengan menuduhkan sesuatu. Nanti dijelaskan oleh kuasa hukum kami," jelas Dhani.


Dan yang ketiga, ada satu fakta yang disembunyikan bahwa yang melaporkan Dhani dari koalisi NKRI sebagai pelaku persekusi.

"Yang saya tahu ada satu fakta yang disembunyikan, yaitu bahwa yang melaporkan saya adalah pelaku persekusi. Kemarin sudah dijelaskan bahwa mereka adalah pelaku persekusi. Jadi ini tiga hal yang disembunyikan dari fakta persidangan," ungkap Dhani.

Sementara saat ditanya tanggapan hasil putusan hakim ada nuansa politis, Dhani enggan bicara di luar hukum.

"Kita tidak bicara di luar hukum, kita bicara hukum formal saja. Saya nggak mau bicara ini politik atau tidak," tegasnya.


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed