detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 14:59 WIB

Polisi Ingatkan Pemudik Motor yang Lebihi Muatan di Pelabuhan Ketapang

Ardian Fanani - detikNews
Polisi Ingatkan Pemudik Motor yang Lebihi Muatan di Pelabuhan Ketapang Polisi mengimbau pemudik motor yang membawa anaknya (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Kepadatan kendaraan pada arus balik di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi terus mengalir. Ribuan kendaraan baik roda empat maupun roda dua terus berdatangan memenuhi halaman parkir pelabuhan untuk kembali ke Pulau Bali. Tak sedikit dari pemotor yang membawa barang bawaan berlebih hingga anak kecil yang tak menggunakan helm.

Seakan tak peduli dengan kenyamanan berkendara, pemudik tetap rela melakukan perjalanan mudik baik siang maupun malam dengan kondisi ini. Padahal untuk kembali ke perantauan tidak sedikit puluhan kilo jalan yang dilalui, setelah melaksanakan libur lebaran di kampung halaman.

Kadek, warga Denpasar yang telah melaksanakan libur lebaran di Probolinggo mengaku, dengan tubuhnya yang ekstra besar membuat dia harus berhimpitan saat berboncengan dengan suaminya. Satu motor ditunggangi 3 orang bersama dengan anaknya. Jika lelah, Kadek bergantian dengan suaminya mengendarai motor.


"Kalau saya di belakang tidak muat kendaraannya. Gak apa-apa saya yang mbonceng suami yang penting sampai Bali lagi soalnya sudah harus kerja lagi," ujar Kadek di depan loket pelabuhan kepada detikcom, Selasa (11/6/2019).

Hal yang sama dilakukan oleh Sunardi. Bersama dengan kedua anak dan istrinya dirinya melakukan balik ke perantauan dengan menggunakan motor. Dengan motor Vario, dirinya menempuh perjalanan puluhan kilometer dari Jember ke Denpasar.

"Ya punyanya motor. Kalau punya mobil ya enak. Terpaksa pakai yang ada saja," ujarnya.

Polisi tidak tinggal diam melihat kondisi banyaknya pengendara kendaraan roda dua yang membawa penumpang melebihi muatan. Ditambah lagi banyak roda dua yang dimodifikasi untuk membawa barang. Meski tak dilakukan tindakan tilang namun hal tersebut langsung mendapatkan peringatan keras dan imbauan.

"Kita mengimbau saja kepada pengguna motor yang melebihi penumpang dan barang yang banyak. Jangan sampai hal ini menjadi awal dari kecelakaan. Makanya kita imbau tadi," ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang sedang melakukan pengamanan arus mudik di Ketapang.


Taufik meminta kepada masyarakat untuk mengikat anaknya yang dibonceng agar tidak terjatuh apabila ngantuk di perjalanan.

"Banyak pemudik yang bawa anak kecil, saya minta pemudik juga harus mempedulikan keselamatan. Selain tetap harus menggunakan helm, anak kecil yang dibonceng sebaiknya diikat juga ditubuh orang taunya biar tidak terjatuh apabila mengalami kantuk di perjalanan. Mudik aman, nyaman, gak perlu terburu-buru yang penting selamat sampai tujuan. Barang yang dibawa juga tidak perlu banyak-banyak biar tidak menyulitkan dalam berkendara" pungkas Taufik.



Lihat video Pemudik Motor di Selat Bali, Bawa Balita hingga Muatan Lebih:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com