59 Balon Udara di Ponorogo Disita Polisi Selama Lebaran

Charolin Pebrianti - detikNews
Selasa, 11 Jun 2019 11:29 WIB
Razia balon udara di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Sebanyak 59 balon udara diamankan Polres Ponorogo. Balon-balon tersebut diamankan dalam razia yang dilakukan polisi sejak Rabu (5/6) hingga Senin (10/6).

"Namun pelaku tidak ada yang diamankan karena mereka yang menerbangkan balon udara pada melarikan diri," kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant saat dihubungi detikcom, Selasa (11/6/2019).

Menariknya, banyak warga yang justru membantu pihak kepolisian dalam menurunkan puluhan balon udara tersebut. Menurut Radiant, banyak masyarakat yang sudah memahami dampak menerbangkan balon udara tanpa awak.


"Masyarakat sudah mulai memahami dampak menerbangkan balon udara sehingga banyak yang membantu anggota saat penurunan balon," imbuhnya.

Seperti data yang dihimpun polisi, balon udara yang diterbangkan menurun jika dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 125 buah. Penurunan tersebut karena meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya penerbangan balon udara tanpa awak.


"Tahun ini yang paling banyak menerbangkan balon di Kecamatan Jambon dan Kauman," lanjutnya.

Selain itu, ada faktor lain yang membuat penerbangan balon udara di Ponorogo menurun. Yakni adanya festival balon dapat mengakomodir tradisi masyarakat menerbangkan balon udara tanpa awak.

"Karena dampaknya bisa mengganggu keamanan dan keselamatan lalu lintas penerbangan udara," pungkasnya.



Simak video Liburan Seru Serba Balon di 'Mookiland Theme Park':

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)