detikNews
Senin 10 Juni 2019, 15:10 WIB

Aktivitas Relawan Manifes di Pelabuhan Ketapang Saat Arus Mudik dan Balik

Ardian Fanani - detikNews
Aktivitas Relawan Manifes di Pelabuhan Ketapang Saat Arus Mudik dan Balik Relawan sigap mendata penumpang/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Arus balik Lebaran 2019 di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi ramai. Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat, bergantian masuk ke area pelabuhan.

Namun sebelum masuk, mereka harus membeli tiket dan mengisi data manifes penumpang. Untuk mempercepat arus balik, pengendara roda empat dibantu oleh relawan yang untuk mengisi data manifes penumpang.

Ada ratusan relawan yang siap siaga di depan pintu masuk loket ASDP Ketapang. Mereka adalah warga Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro atau sekitar areal pelabuhan. Mereka dengan sigap mendata nama-nama penumpang yang ada di dalam kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Bali, Senin (10/6/2019).

"Yang kami bantu adalah pengendara roda empat. Seluruh penumpang kami data nama, umur dan tempat tinggal dimana. Itu saja," ujar Eko Karyawanto, salah satu relawan pengisi manifes, kepada detikcom.

Eko mengaku menjadi relawan sejak peraturan baru pengisian manifes di pelabuhan paling ujung Timur Pulau Jawa ini. Untuk jam kerja, mereka akan melakukan aktivitas mulai pukul 07.00 Wib hingga 19.00 Wib.

Relawan Manifes di Pelabuhan Ketapang/Relawan Manifes di Pelabuhan Ketapang/ Foto: Ardian Fanani


"Kerjanya hanya mencatat manifes. Selanjutnya juga mengatur arus lalulintas yang akan masuk ke pelabuhan," tambahnya.

Aktivitas yang dilakukan oleh para relawan ini tanpa memperdulikan terik panas matahari. Mereka kebanyakan bekerja di lapangan tanpa ada tutup tenda maupun penghalang langsung panasnya terik matahari.

"Hanya pakai topi saja. Dan itu kita lakukan dengan riang gembira. Tidak ada keluh kesah untuk menjadi relawan disini. Kami bangga sebagai warga sekitar membantu ASDP Ketapang agar tidak ada kemacetan," tambahnya.

Data manifes tidak hanya diperuntukkan kendaraan roda empat. Pengendara dan penumpang roda dua pun juga wajib mengisi manifes. Bahkan untuk kendaraan truk dan bis pun juga wajib. Ini dilakukan untuk mendata jumlah penumpang, sekaligus mengetahui siapa saja yang naik kapal yang melakukan pelayaran. Selain itu manifes juga digunakan untuk mengetahui jumlah korban jika terjadi kecelakaan laut.



Tonton video Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed