Selama Mudik Lebaran, Penjual Ikan Asap Ini Raup Rp 1,5 Juta/Hari

M Rofiq - detikNews
Minggu, 09 Jun 2019 10:23 WIB
salah satu lapak penjual ikan asap di jalur pantura Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Raut bahagia tampak dari wajah seorang penjual ikan asap di jalur pantura Kabupaten Probolinggo. Selama Mudik dan arus Balik Lebaran, dagangannya laris manis terjual.

Seperti yang disampaikan salah seorang pedagang ikan asap Ninia (28). Dangannya laris manis selama Mudik dan arus Balik. Menurutnya, penjualan ikan asap meningkat hingga 80 persen.

Banyak pemudik yang hendak kembali ke ibu kota menyempatkan berhenti dan mampir di jalur pantura Probolinggo. Mereka berburu ikan asap untuk oleh-oleh yang dijajakan para pedagang di Dusun Parsean, Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Ninia menambahkan, hampir semua jenis ikan asap laku terjual. Setiap harinya, Ninia mampu mengantongi omzet sekitar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta dari hasil penjualan.


"Alhamdulillah arus Mudik dan Balik, jualan ikan asap makin laris manis dibeli pelanggan. Hampir setiap hari ludes terjual," kata Ninia, Minggu (9/6/2019).

Menurut Ninia, sekitar 50 persen penjualan ikan asap setiap harinya dibeli oleh para pemudik yang melintas di jalur pantura tersebut.
"Ramai pembeli sejak dibuka pukul 14.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB, bergantian pembeli yang datang," imbuhnya.

Salah seorang pembeli Aulia menyampaikan, ia membeli ikan asap untuk oleh-oleh yang akan dibagikan kepada teman kerjanya di ibu kota.


"Sengaja beli ya buat oleh-oleh. Ini kan asli beli di sentra penjualnya. Jadi berbeda aja kesannya dengan beli di pasar," ujarnya.

Di Dusun Parsean, pemudik akan menjumpai aneka jenis ikan asap. Mulai dari ikan cakalang, patin, pari, marlin, cucut dan masih banyak jenis ikan lainnya. Jenis ikan yang diasap tergantung hasil tangkapan para nelayan setempat.

Satu tusuk ikan asap harganya bervariasi. Mulai Rp 5 ribu hingga Rp 50 ribu. Tergantung jenis dan ukuran ikan asap.

Ikan asap merupakan olahan ikan segar yang dimasak dengan cara diasap. Ikan asap bisa dikatakan matang jika warnanya sudah berubah menjadi kuning keemasan. Teknik pengasapan merupakan salah satu cara warga Pendalungan Probolinggo dalam mengolah ikan. (sun/bdh)