detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 07:24 WIB

Roxy Mall Situbondo Terbakar Saat Malam Takbiran

Ghazali Dasuqi - detikNews
Roxy Mall Situbondo Terbakar Saat Malam Takbiran Roxy Mall Situbondo Terbakar Saat Malam Takbiran/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Malam takbiran di Situbondo sempat dikejutkan dengan insiden kebakaran. Sebuah pusat perbelanjaan Roxy Mall di Jalan Basuki Rahmat Situbondo, tiba-tiba terbakar, Rabu (5/6/2019) dini hari. Kobaran api malalap sebagian ruangan di sisi barat, tepatnya bagian kasir Roxy Fashion Store. Petugas sempat kewalahan untuk melakukan upaya pemadaman. Sebab bagian depan mall yang belum genap berusia 2 bulan itu tertutup dan terkunci.

Patugas pun terpaksa mendobrak bagian depan mall, agar upaya menjinakkan si jago merah bisa cepat dilakukan. Beruntung saat kebakaran terjadi, pusat perbelanjaan yang resmi dibuka pada akhir April 2019 lalu itu sudah tutup. Sehingga tidak sampai menimbulkan jatuhnya korban.

"Tidak ada korban karena memang sudah tutup. Hari ini untuk customer tadi kita tutup jam 23.00 Wib. Untuk kerugian belum tahu," kata Alfin, salah satu staf Roxy Mall di lokasi kebakaran.

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden terbakarnya Roxy Fashion Store itu baru diketahui sekitar pukul 24.15 Wib dini hari. Kebakaran kali pertama diketahui oleh Kepala Keamanan setempat bernama Yasin. Pria ini curiga melihat kepulan asap membumbung keluar dari celah-celah mall yang sudah ditutup. Benar saja, setelah dicek ternyata bagian dalam Roxy Fashion Store itu benar-benar terbakar.

Tahu ada kebakaran, Yasin pun segera mengontak Unit Pemadam Kebakaran Situbondo. Dengan cepat tiga unit PMK milik Pemkab datang ke lokasi kebakaran. Namun petugas tidak bisa berbuat banyak, selain hanya menyemprotkan air dari celah-celah toko. Sebab saat itu kondisi mall sedang tutup dan terkunci. Petugas sempat meminta agar pintu segera dibuka, namun anak kunci dibawa oleh pengurus mall.

"Saya minta kuncinya diambil, tapi tidak ada yang tahu nomor telepon dan rumah pengurusnya. Makanya dengan terpaksa tadi langsung kami dobrak, karena khawatir api merembet kemana-mana," tandas Hadi Siswono, Kepala UPT PMK dan Penyelamatan Situbondo.

Pemadaman baru bisa dilakukan setelah bagian depan mall itu dibuka paksa. Selain sebagian ruangan kasir, bagian atap ruangan itu juga hangus dilalap si jago merah. Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Meskipun sempat muncul dugaan akibat korsleting arus pendek listrik.

"Kami masih akan melakukan olah TKP untuk menentukan penyebab kebakaran ini. Sementara TKP sudah kami sterilkan, kita pasang police line, untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan," tandas Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono di lokasi kejadian.

Hingga saat ini belum diketahui nilai kerugian akibat terjadinya kebakaran tersebut. Menurut Kapolres, total kerugian masih akan dihitung oleh pemilik mall.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com