Dibuang di Jalanan, Bayi Lutung Oleh Warga Diserahkan ke BKSDA

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 03 Jun 2019 20:11 WIB
Penyerahan lutung oleh warga ke BKSDA Jatim (Foto: Istimewa)
Malang - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur menerima seekor bayi Lutung Jawa dari warga. Satwa bernama latin Trachypithecus Auratus itu mulanya ditemukan warga di Jalan Raya Bugis, Pakis, Kabupaten Malang. Diduga satwa itu dibuang oleh seseorang sebelum ditemukan oleh warga.

"Kami menerima satu ekor baby Lutung Jawa dari warga di Malang. Satwa itu sebelumnya ditemukan di pinggir jalan," ungkap Kepala BKSDA Jawa Timur Nandang Prihadi kepada detikcom, Senin (3/5/2019).

Sesuai keterangan warga bernama Dini beralamat di Jalan Laksda Adi Sucipto, Blimbing, Kota Malang, bahwa satwa tersebut ditemukan dibungkus kardus yang tergeletak di Jalan Raya Bugis, Pakis, Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu.

"Satwa itu kemudian dibawa pulang, dan kemudian melaporkan kepada kami (BKSDA), untuk diserahkan," terang Nandang.

Pihaknya menduga, bayi primata itu sengaja dibuang oleh seseorang yang tak bertanggung jawab. Dan beruntung kemudian ditemukan warga sehingga bisa diselamatkan.


Lutung yang sempat dibuangLutung yang sempat dibuang (Foto: Istimewa)


"Ada dugaan sengaja dibuang oleh seseorang dan beruntung segera ditemukan. Warga yang menemukan lebih dahulu mencari kontak BKSDA untuk melaporkan dan menyerahkan satwa itu kepada kami," beber Nandang.

BKSDA yang menerima bayi Lutung akhirnya berkoordinasi dengan Javan Langur Center (JLC) yang merupakan sentra penyelamatan dan rehabilitasi satwa di wilayah Kota Batu.

"Primata yang diserahkan kepada kami, saat ini sudah dibawa ke Javan Langur Center untuk dirawat dengan status dititipkan," tegas Nandang.

BKSDA mengapresiasi langkah warga untuk melapor dan menyerahkan perimata tersebut, karena sangat penting dilakukan penyelamatan beserta pelestariannya. (iwd/iwd)