detikNews
Minggu 02 Juni 2019, 18:25 WIB

Bakar Tumpukan Sampah, Sebuah Rumah di Situbondo Hangus Terbakar

Ghazali Dasuqi - detikNews
Bakar Tumpukan Sampah, Sebuah Rumah di Situbondo Hangus Terbakar Bakar sampah, rumah ikut terbakar/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Maunya bersih-bersih rumah jelang lebaran, tidak tahunya malah terjadi kebakaran. Amukan si jago merah itu melalap dan menghanguskan sebagian rumah Sumiyati (48), di Dusun Pariyaan Utara, Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan, Minggu (2/6/2019).

Selain bangunan rumah, api juga membakar sebagian perabotan dapur dan isi gudang samping rumah tersebut.

Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, insiden kebakaran rumah milik Sumiyati itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, korban baru saja selesai bersih-bersih rumahnya jelang lebaran. Dari kegiatan bersih-bersih itu korban kemudian menghimpun sampahnya di halaman rumah, lalu dibakar. Usai membakar sampah itu konon korban kembali masuk ke dalam rumahnya.

Saat itulah, petaka itu mulai terjadi. Api yang membakar tumpukan sampah itu tiba-tiba membesar diduga akibat terkena hembusan angin. Jilatan api yang membesar itu kemudian membakar kayu pada bangunan garasi rumah, hingga memicu terjadinya kebakaran.


"Waktu terjadi kebakaran itu korban dan keluarganya ada di dalam rumah. Tapi mereka berhasil menyelamatkan diri. Sehingga kebakaran ini tidak sampai memakan korban," kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Minggu (2/6/2019).

Sambil berteriak-teriak ada kebakaran, korban berlari ke luar rumah. Warga yang mendengar teriakan korban pun seketika berdatangan. Dengan peralatan seadanya, warga langsung bahu membahu berusaha memadamkan kobaran api. Mereka berusaha mencegah kebakaran tak merembet ke bangunan lain.

Namun, api baru berhasil dijinakkan setelah dua unit pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo dikerahkan ke lokasi kejadian. Sehingga api tidak sampai menjalar ke bangunan lain.

"Yang terbakar itu bangunan gudang garasi samping rumah. Di situ juga ditempati dapur. Jadi banyak peralatan dapur yang ikut terbakar," tandas Ninghar Supriyadi, Kepala Dusun Pariyaan Utara Desa Sumberkolak.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com